Smartphone (dok. Pexels/Pixabay)

Cek Nih, 5 Tips Meningkatkan Kinerja Smartphone Android 

07 February 2022   |   11:57 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Smartphone berbasis Android makin berkinerja cepat. Dari sisi perangkat kerasnya, para produsen cip terus mengembangkan produk yang punya manufaktur dan arsitektur lebih mumpuni. Segi perangkat lunaknya, perusahaan juga membuat sistem operasi yang lebih mulus. 

Kendati demikian, masih ada sejumlah hal yang membuat smartphone pengguna memiliki kinerja lebih lambat. Ini di antaranya disebabkan oleh instalasi banyak aplikasi dan permainan hingga data chace yang penuh. 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat ponsel bekerja lebih cepat: 


1. Memberi ruang kosong penyimpanan internal


Salah satu tip yang cukup mendasar adalah memberi ruang kosong yang cukup pada penyimpanan internal. Pasalnya, jika perangkat telah mencapai batas kapasitas total, ini akan mengakibatkan ponsel berkinerja lebih lambat dan mengalami gangguan lain. 


2. Copot aplikasi yang tidak digunakan 


Seringkali kita menginstal banyak aplikasi di dalam ponsel, tetapi tidak melakukan yang sebaliknya jika layanan tersebut tidak digunakan. Jadinya, aplikasi itu tetap terpasang di smartphone yang menghabiskan ruang penyimpanan. Oleh sebab itu, uninstall aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dipakai. 


3. Ubah kecepatan animasi sistem 


Tip mengubah kecepatan animasi sistem tidak secara esensi meningkatkan kinerja smartphone yang digunakan, tetapi ini akan memberi perspektif yang berbeda. Pengguna bakal merasakan kesan bahwa ponselnya punya respons yang lebih cepat. 

(Baca juga: Samsung Dikabarkan Bakal Tinggalkan Android dan Pakai Sistem Operasi Ini, Kok Bisa)


4. Memulai ulang ponsel 


Perlu diketahui bahwa memulai ulang perangkat akan membebaskan RAM dan mengatur ulang aplikasi. Langkah ini juga dapat menghapus sumber daya yang tidak diinginkan dan mengurangi memori yang tidak terpakai. 
 

5. Pakai aplikasi edisi lite 


Ada banyak pengembang perangkat lunak yang menawarkan edisi ringan (lite) untuk layanan mereka misalnya Facebook, Messenger, Twitter, hingga Spotify versi ringan. Ini akan membuat ponsel bekerja lebih cepat, tetapi perlu diingat bahwa seringkali aplikasi versi lite mengorbankan sejumlah fitur dibanding versi regulernya. 


6. Perbarui sistem operasi perangkat 


Ini merupakan upaya yang seharusnya dilakukan oleh pengguna ponsel. Lakukan pembaruan jika pengembang menyediakan versi yang lebih baru, karena biasanya mereka melakukan pengoptimalan bug dalam sistem sebelumnya ditambah kehadiran sejumlah fitur baru. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Film Kukira Kau Rumah yang Disutradarai Umay Shahab

BERIKUTNYA

Duh, Kanker Serviks Jadi Penyebab Kematian Tertinggi Kedua pada Perempuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: