Ilustrasi Android (dok: Unsplash/Denny Muller)

Google Bakal Luncurkan Android 12 dalam Waktu Dekat

14 September 2021   |   20:20 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Tidak mau kalah dengan Apple yang sudah mengumumkan peluncuran iOS 15, Google diam-diam akan menyusul kompetitornya itu dengan meluncurkan Android 12. Jika tidak ada aral melintang, Android 12 kemungkinan akan dirilis pada bulan depan atau Oktober 2021.

Mengutip The Verge pada Selasa (14/9/2021), Google diketahui akan meluncurkan Android 12 pada 4 Oktober 2021. Hal tersebut diketahui melalui dokumen internal yang dibagikan oleh pengembang XDA (XDA Developer). 

Sebagai catatan, dokumen tersebut digunakan oleh Google untuk memberi tahu mitranya ketika akan berhenti menyetujui pembuatan perangkat lunak untuk berbagai versi Android. Pada dokumen tersebut, 4 Oktober 2021 dicantumkan pihak Google sebagai Android Open Source Project (AOSP) rilis Android 12.

Editor in Chief XDA Developer, Mishaal Rahman, mengungkapkan melalui akun Twitternya bahwa tanggal rilis AOSP tersebut biasanya jatuh pada hari yang sama dengan peluncuran rilis Android terbaru.

"Ada cara mudah untuk memberikan kepercayaan pada tanggal 4 Oktober itu. Versi stabil Android 10 dirilis dari beta pada 3 September 2019, sama seperti daftar dokumen. 8 September 2020, hari yang dikatakan Google sebagai rilis AOSP Android 11," cuit Mishaal.

Sebelumnya, Google menyatakan bahwa Android 12 merupakan versi lebih sempurna dari sistem operasi sebelumnya, yakni Android 11. Android 12 kabarnya dirancang ulang dan mengusung berbagai fitur baru untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pekerjaan dari rumah.
 
Android 12 juga diklaim akan memberikan transparansi lebih terkait data pribadi yang diakses oleh berbagai aplikasi dan cara mengendalikannya kepada pengguna. Google menyebut pengaturan privasi baru pada sistem operasi terbarunya itu menawarkan tampilan pengaturan izin dan memungkinkan pengguna mencabut izin yang tidak mereka inginkan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

5 Tips Tetap Sehat saat Musim Hujan

BERIKUTNYA

Fotografer Berambut Merah di Met Gala Curi Perhatian Netizen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: