ilustrasi (sumber gambar: Rafael Classen rcphotostock.com dari Pexels)

Kota di Jepang Ini Siap Wujudkan Hydrogen Society

09 February 2022   |   17:24 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kota Fukuoka dan Toyota Motor Corporation (Toyota) telah menandatangani perjanjian kemitraan yang bertujuan untuk merealisasikan masyarakat hidrogen. Mereka akan bekerja sama dengan Commercial Partnership Technologies Corporation (CJPT), yang bekerja pada proyek komersial, untuk mempromosikan berbagai inisiatif kolaboratif.

Dalam laman Toyota Motor Coroporation, sebagai langkah awal, mereka telah memulai diskusi tentang pengenalan kendaraan fuel cell.

Kota Fukuoka telah berfokus pada potensi energi hidrogen sejak tahap awal dan memprakarsai Hydrogen Leader City Project. Sebagai bagian dari proyek, kota meluncurkan inisiatif pertama di dunia untuk memproduksi hidrogen dari limbah rumah tangga umum dan memasoknya ke kendaraan fuel cell.

“Itu juga merupakan kota pertama di Jepang yang melakukan berbagai uji verifikasi untuk truk dan sepeda motor yang dilengkapi dengan teknologi fuel cell,” demikian tertulis dalam laman Toyota Motor Corporation.

Toyota, disebutkan dalam laman tersebut, memandang hidrogen sebagai bentuk energi yang menjanjikan untuk mencapai netralitas karbon.

Untuk menjadi masyarakat hidrogen, telah terdapat usaha untuk memperluas pilihan pelanggan melalui penjualan kendaraan fuel cell Mirai, yakni pengembangan kendaraan bermesin hidrogen, dan promosi kendaraan komersial bekerja sama dengan CJPT, dan sebagainya.

(Baca juga: H&M Targetkan 100 Persen Fesyen Ramah Lingkungan Tahun 2030)

Kota Fukuoka dan Toyota telah mengadakan banyak pembicaraan mengenai cara membuat hidrogen lebih akrab bagi penduduk, dan mendorong penggunaan yang berkelanjutan dan praktis.

Bahkan, kolaborasi pertama mereka di bidang hidrogen dilaksanakan pada November 2021 saat babak final Super Taikyu Series. Dalam perlombaan ini, Toyota menggunakan hidrogen yang dihasilkan dari limbah rumah tangga umum kota untuk memberi daya pada kendaraan bermesin hidrogennya.

Berdasarkan ketentuan perjanjian kemitraan, Kota Fukuoka dan Toyota bekerja sama dengan CJPT akan membahas berbagai topik terkait hidrogen lainnya, seperti mengembangkan dan menggunakan kendaraan yang dapat mendukung infrastruktur sosial dan menciptakan model logistik untuk mereka.

Kemudian, menggunakan energi hidrogen di perumahan fasilitas dan acara yang terpusat, dan merevisi peraturan yang diperlukan untuk mewujudkan masyarakat hidrogen.

Untuk memulainya, diskusi diadakan tentang penggunaan kendaraan fuel cell untuk truk pengiriman makanan sekolah dan truk sampah kota, serta menyebarkan pembangkit listrik bergerak dan sistem pasokan.

Pada masa yang akan datang, Kota Fukuoka, Toyota, dan CJPT akan bekerja sama untuk mengembangkan dan memverifikasi teknologi yang terkait dengan produksi, pengangkutan, dan penggunaan hidrogen.

Dengan membantu mempercepat penerapan teknologi ini, tujuannya adalah untuk membangun masyarakat di mana hidrogen memainkan peran utama. Mereka juga berencana untuk secara aktif terlibat dalam inisiatif yang berkontribusi pada realisasi netralitas karbon baik di Jepang maupun di seluruh dunia.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ladies, Kenali Tanda dan Penyebab Cairan Keputihan Tidak Normal Ini

BERIKUTNYA

10 Makanan Terbaik untuk Jaga Kesehatan Mata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: