Ilustrasi sayuran hijau (Dok. Yaroslav Shuraev/Pexels)

10 Makanan Terbaik untuk Jaga Kesehatan Mata

09 February 2022   |   13:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Banyak orang percaya bahwa gangguan penglihatan pada mata adalah sesuatu yang tak bisa dihindari akibat penuaan. Padahal, gaya hidup yang sehat secara signifikan bisa mengurangi risiko kesehatan mata, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Sebuah studi Penyakit Mata Terkait Usia (AREDS) menemukan bahwa nutrisi seperti seng, tembaga, vitamin C, vitamin E dan beta karoten, dapat mengurangi risiko penurunan kesehatan mata terkait usia sebesar 25 persen.

Studi terbaru dari temuan tersebut juga menambahkan nutrisi seperti asam lemak omega 3, zeaxanthin, dan lutein juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan mata.

Dari laporan studi tersebut, American Optometric Association (AOA) dan American Academy of Ophthalmology (AAO) memberikan 10 rekomendasi makanan untuk kesehatan mata seperti dikutip dari Medical News Today, Rabu (9/2/2022).


1. Ikan


Banyak ikan merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3.Ikan yang berminyak adalah ikan yang memiliki minyak di usus dan jaringan tubuhnya, sehingga kaya akan omega-3.

Beberapa jenis ikan yang mengandung tingkat omega-3 yang paling bermanfaat seperti tuna, ikan salmon, ikan trout, ikan kembung, ikan sarden, teri dan ikan haring

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minyak ikan dapat menyembuhkan mata kering, termasuk mata kering yang disebabkan oleh terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer.


2. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3 serta mengandung vitamin E tingkat tinggi, yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat usia. Beberapa jenis kacang yang direkomendasikan seperti kenari, kacang brazil dan kacang mete.


3. Biji-bijian


Seperti kacang-kacangan, biji-bijian juga kaya akan omega-3 dan vitamin E. Beberapa jenis biji yang disarankan untuk dikonsumsi yakni biji chia dan biji rami.
 

Wesual Click

Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan omega 3 (Dok. Wesual Click/Unsplash)


4. Buah jeruk


Buah jeruk kaya akan vitamin C. Sama seperti vitamin E, vitamin C merupakan antioksidan yang direkomendasikan oleh AOA untuk melawan kerusakan mata terkait usia. 


5. Sayuran berdaun hijau


Sayuran berdaun hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin dan juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mata. Sayuran berdaun hijau yang bisa dikonsumsi di antaranya bayam, kubis dan collard.

(Baca juga: Gangguan Makanan pada Anak, Ini Bedanya Picky Eater dan Selective Eater)

 

1
2


SEBELUMNYA

Kota di Jepang Ini Siap Wujudkan Hydrogen Society

BERIKUTNYA

Trailer Baru Lightyear Perkenalkan Asal-Usul Buzz

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: