Agatha Pricilla (Sumber gambar: Sun Eater)

Curahan Hati dan Pikiran Agatha Priscilla dalam Single Baru berjudul Ruang

04 February 2022   |   14:20 WIB

Solois asal Jakarta, Agatha Pricilla, merilis single terbaru berjudul Ruang pada Jumat (4/2/2022). Single Ruang menjadi pengingat hangat dari penyanyi yang akrab disapa Pricilla itu untuk seluruh pendengarnya agar terlepas dari keraguan dan prasangka dalam diri.

Dalam siaran tertulisnya, Pricilla mengatakan melalui lagu Ruang, dirinya ingin memotivasi dan mencoba membantu menyadarkan semua orang serta dirinya sendiri untuk bisa berbicara yang sejujurnya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

“Jangan ragu mengutarakan sesuatu karena diam saja tidak menyelesaikan keresahan yang ada di pikiran kita. Diam dan larut dalam overthink, membuat segala hal terasa lebih berat berkali-kali lipat. Penyelesaian setiap masalah bisa lebih mudah kalau kita bisa menyampaikan segala sesuatu dengan sejujur-jujurnya,” katanya.

Sejak berkarya solo pada tahun 2019, Pricilla cenderung merilis beberapa single dengan ragam pop seperti pop soul dan pop R&B yang melekat pada karya-karya awalnya. Selain itu, dia juga pernah merilis beberapa single pop urban dan pop ballad.

Begitupun dalam single Ruang ini yang merupakan lagu pop ballad bernuansa folk dengan topping soft rock yang terdengar harmonis dengan suara Pricilla yang lembut namun lugas di setiap bait yang dia nyanyikan.

Dalam karyanya kali ini, Pricilla masih masih menggandeng produser Rayhan Noor untuk menggarap musik dan produksi dari lagu yang telah dia tulis itu. Pricilla menjelaskan jika aransemen dan arahan musik “Ruang” adalah hasil dari apa yang dia rasa cocok dan dibutuhkan untuk memperkuat perasaan serta pesan yang ingin disampaikan.

“Gue membutuhkan musik yang bisa memberikan perasaan revelation. Gue butuh kesan revelation tadi dan di sini ada eskalasi yang terbangun dari verse pertama sampai ending yang bisa dirasakan. Verse pertama gue cerita dulu kondisinya seperti apa, hingga berakhir di puncaknya di mana gue mau menegaskan kembali apa inti dari lagu ini,” jelas Pricilla.
 

g

Agatha Pricilla (Dok. Sun Eater)

(Baca juga: Rahmania Astrini Rilis Single Baru Berjudul Pizza Pepperoni)


Proses pembuatan lagu

Pricilla juga mengungkapkan jika dalam proses penulisannya, Ruang menjadi  lagu yang menurutnya paling organik dibandingkan lagu-lagunya yang lain. 

“Karena biasanya kalau nulis lagu gue pasti punya lagu referensi yang gue dengerin terus, lalu gue coba bikin lagu yang formatnya mirip lagu tersebut. Nah, lagu ini mulainya benar-benar dari notasi spontan yang gue rekam di voice note handphone, baru kemudian gue bikin liriknya,” ungkapnya.

Tidak butuh waktu lama pula bagi Rayhan Noor untuk menerjemahkan dan memoles bentuk dasar lagu Pricilla menjadi aransemen yang efektif. Menurut Pricilla, Rayhan sudah mengerti pilihan chord yang dia suka dan bayangkan, sampai-sampai semua proses pembuatan lagu ini hanya memakan waktu dua minggu.

Ditulis bersama sahabatnya, Salmaa Chetizsa, “Ruang” juga menjadi lagu kedua Pricilla dalam bahasa Indonesia. Pemilihan lirik bahasa Indonesia ini menurut Pricilla semata-mata karena pentingnya arti yang dimiliki lagu ini.

“Lagu ini adalah lagu yang gue tulis berdasarkan apa yang benar-benar baru saja terjadi, berdasarkan pengalaman pribadi yang dampaknya cukup membekas di gue, dan juga masih sering dialami oleh orang-orang di sekitar gue dan gue sendiri. Jadi gue pengen lagu ini bisa dekat dengan semua orang,” imbuh Pricilla.

Adapun, lagu Ruang sendiri diproyeksikan sebagai pembuka menuju album penuh perdana Agatha Pricilla, sebuah kumpulan lagu yang terinspirasi dari nasihat-nasihat ibunda Pricilla yang akan dirilis 2023 mendatang.

Setelah dikenal sebagai anggota grup BLINK di awal karirnya, saat ini Pricilla berfokus merilis karya solonya di bawah label Sun Eater dan telah merilis beberapa single seperti Desire, Chimera, dan yang terbaru Esok Siapa Tau pada September 2021.
 


Editor: Gita
 
SEBELUMNYA

Asyik, Blizzard Siapkan Mobile Game dari Waralaba Warcraft 

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Film Akad yang Ambil Latar di Mandalika Lombok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: