Juvenile Justice. (Dok. Netflix)

Hadirkan Kejahatan Remaja, Serial Juvenile Justice Akan Tayang pada 25 Februari

03 February 2022   |   21:56 WIB

Salah satu drama Korea yang masuk ke dalam daftar proyek Netflix selama 2022, Juvenile Justice, telah mengonfirmasi tanggal penayangannya setelah membocorkan logo drama beserta dengan sebuah teaser pada Januari 2021. Rencananya, drama hukum ini akan tayang pada akhir Februari 2022.

Juvenile Justice bercerita tentang seorang hakim bernama Shim Eun-seok yang tidak menyukai kasus kejahatan remaja karena pengalaman yang dialaminya saat masih muda. Akan tetapi, dia kemudian menyadari bahwa isu yang dialami kalangan anak muda dan halangan dari masyarakat untuk membuat mereka menjadi lebih baik.
 

Eun-seok kemudian ditugaskan untuk menjadi hakim di distrik Yeohwa yang memiliki tingkat kasus kenakalan remaja tertinggi dan akan membuat berbagai keputusan tidak lazim. Pada saat yang sama, dia berusaha berpesan kepada masyarakat bahwa mereka turut bertanggung jawab atas tindakan kriminal dan amoral yang dilakukan para remaja tersebut.

Serial yang digarap oleh Hong Jong-chan dan ditulis oleh Kim Min-seok ini kemudian akan melihat kisah Eun-seok dan 3 hakim lainnya dengan mengeksplorasi kisah hukum dari sudut pandang seorang hakim. 4 orang dengan berbagai sudut pandang pemikiran dan opini yang berbeda akan hadir dengan perspektif yang membuat masyarakat berpikir tentang pelaku kejahatan remaja.

Dalam laporan Sports Chosun, Kamis (03/02/2022), kisah tentang hakim merupakan kisah yang jarang digunakan di media dibandingkan dengan kisah pengacara dan jaksa, sehingga penulis Kim tertarik dengan hal tersebut.

Ini kemudian membuatnya mencari tahu tentang variasi bidang yang dijalankan hakim beserta dengan cara kerja dari pengadilan departemen remaja, meliputi proses pengadilan dan perlakuan terhadap pelaku remaja hingga mengeluarkan vonis sidang. Pada  saat yang sama, kisah ini juga akan memuat realitas kejahatan remaja beserta dengan kisah orang-orang di lapangan yang terkait dengan kasus tersebut.

Proses penulisan naskah oleh Kim membutuhkan waktu setidaknya selama 4 tahun. Prosesnya meliputi wawancara dengan 5-60 orang, pengamatan di pengadilan tingkat daerah di setiap lokasi, kunjungan ke pusat rehabilitasi untuk remaja, peninjauan klasifikasi tahanan remaja, hingga pusat pemulihan untuk anak-anak remaja.

"Ini sangat menarik bahwa orang-orang saat ini mulai memikirkan anak-anak. Saya berusaha menulis [naskah] dengan hati-hati sehingga tidak akan melukai mereka (anak-anak remaja)," jelas Kim.

Bersamaan dengan rincian ini, Netflix merilis poster utama dari Juvenile Justice yang menggambarkan 2 sisi dari pelaku kejahatan remaja dan para hakim yang menangani kejahatan remaja. 
 
Di bagian atas, Genhype akan diperlihatkan dengan tokoh-tokoh pelaku kejahatan remaja yang datang dari berbagai latar belakang, baik sebagai anak-anak yang kabur dari rumah maupun anak-anak yang tengah bersekolah. Di sisi bawah, ada 4 orang hakim dari berbagai latar belakang yang berbeda yang akan bertugas mengadili para pelaku.

Hadir dengan 10 episode, Juvenile Justice akan mulai tayang perdana pada 25 Februari 2022 di Netflix. Jadwalnya sendiri akan hadir setiap hari Jumat dengan durasi per episodenya selama 60 menit.


Editor: Indyah Sutriningrum

 
SEBELUMNYA

Selain Ban, Pelek Motor Juga Perlu Dirawat Berkala Genhype

BERIKUTNYA

Galeri Nasional Indonesia Mengajak Seniman Ikut Dalam Pameran Manifesto VIII

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: