Ilustrasi (Sumber gambar: Karolina Grabowska/Pexels)

Hati-hati, Ini 7 Kesalahan Memakai Body Lotion yang Jarang Disadari

02 February 2022   |   17:34 WIB

Salah satu rutinitas dalam merawat kulit yang tak boleh dilewatkan adalah menggunakan body lotion atau pelembap kulit. Perawatan satu ini dilakukan untuk menjaga kulit senantiasa sehat dan lembap. Meski demikian, tanpa kita sadari ada beberapa hal yang menjadi kesalahan dalam memakainya. 

Kesalahan ini umumnya terjadi karena orang-orang kerap beranggapan bahwa body lotion hanya perlu dipakai saja tanpa harus banyak yang diperhatikan. Padahal, efek yang bisa ditimbulkan mulai dari merusak kelembapan alami kulit hingga membuat kondisi kulit jadi tidak sehat menyeluruh.

Agar Genhype tidak melakukannya, berikut adalah 7 kesalahan memakai body lotion yang biasa terjadi. 
 

1. Mengaplikasikannya saat kulit kering

Body lotion lebih baik diaplikasikan saat kulit masih lembap yaitu sesaat setelah mandi. Kulit lembap mempermudah penyerapan kandungan bermanfaat dari body lotion. Selain melembapkan, body lotion juga berfungsi sebagai seal yang mengunci kelembapan di dalam kulit agar tidak menguap, sehingga kulit pun akan lembap lebih lama.
 

2. Pemakaian tidak merata

Memakai body lotion perlu dilakukan secara merata. Seluruh permukaan kulit mengalami risiko kekeringan ketika terkena udara panas, udara dingin atau pun pemakaian produk pembersih atau perawatan kulit yang kandungannya keras. Gunakan body lotion segera setelah mandi agar bisa mengaplikasikannya ke seluruh tubuh sebelum berpakaian.
 

3. Pemakaian tidak teratur

Satu hal yang tidak banyak orang sadari, kulit makin menua dari hari ke hari. Makin bertambah usia, lapisan pelindung kulit makin menurun fungsinya sehingga tidak mampu menyimpan kelembapan. Kulit pun jadi kering dan berisiko keriput lebih cepat.

Itulah kenapa sangat perlu secara rutin memakai pelembap agar kondisi kulit terus menerus terjaga kelembapannya. Pakailah body lotion pelembap minimal satu hari sekali.
 

Ilustrasi (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

4. Dioleskan berulang kali

Saat khawatir lotion yang dipakai tidak cukup melembapkan, banyak orang yang mengaplikasikannya secara banyak. Padahal, hal tersebut tidak efektif. Aplikasikan secukupnya tanpa berulang. Jika produk body lotion dirasa tidak cukup, tambahkan beberapa tetes argan oil ke dalam body lotion untuk memaksimalkan kelembapan kulit.
 

5. Salah memilih produk

Beda kulit, beda pula kebutuhannya. Produk pelembap kulit hadir dalam berbagai jenis dengan kandungan pelembap yang berbeda-beda. Body butter, misalnya, mengandung minyak lebih banyak dan cocok dipakai untuk kulit ekstra kering.

Bagi orang yang kulitnya normal, memakai body butter bisa jadi terlalu berlebihan sehingga produk malah tidak terserap sempurna dan terasa lengket di kulit. Begitupun dengan body lotion yang kandungan pelembapnya ringan lebih sesuai untuk kulit normal. Jadi, sesuaikan produk dengan kebutuhan kulit, ya.

(Baca juga: Ini 5 Tren Perawatan Kulit Menurut Ahli)


6. Mengusap terlalu kasar

Baik saat mengaplikasikan di kulit tubuh langsung atau saat mengusap body lotion lebih dulu di kedua belah tangan, lakukan dengan perlahan. Gerakan terlalu kasar akan membuat kandungan pelembap di body lotion akan menguap.
 

7. Tidak pernah mengganti produk

Tidak ada larangan untuk setia pada satu merek atau produk tertentu, tetapi menggunakan satu produk terus menerus dalam jangka waktu lama pun menjadi kurang efektif. Saat bertambah usia, kondisi kulit berubah dan begitu pula kebutuhannya.

Kebutuhan kulit di usia 15 tahun tentunya berbeda dengan usia 25 tahun dan begitu pula seterusnya. Kondisi kulit juga bergantung pada kondisi udara. Untuk yang tinggal di negara tropis mungkin kondisi udara tidak terlalu ekstrim.

Tapi, mereka yang tinggal di udara 4 musim bisa bikin kulit kering sampai pecah-pecah. Jadi, pekalah terhadap kondisi kulit dan ganti produk dengan fleksibel sesuai kebutuhan kulit.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Film Just Mom Garapan Jeihan Angga

BERIKUTNYA

Coachella Lelang 10 Tiket Gratis Seumur Hidup Berbentuk NFT

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: