Cuplikan film Just Mom (Dok. Dapur Film)

5 Fakta Menarik Film Just Mom Garapan Jeihan Angga

02 February 2022   |   16:14 WIB

Film Just Mom garapan sutradara Jeihan Angga menjadi film Indonesia yang rekomendasi untuk ditonton di bioskop saat ini. Film bertema drama keluarga ini mengisahkan dinamika hubungan ibu dan anak yang penuh dengan kisah mengharukan.

Just Mom sendiri bercerita tentang seorang ibu yang kesepian hingga memutuskan untuk merawat seorang ODGJ (orang dalam gangguan jiwa) yang tengah hamil tua. 

Sebelum menonton filmnya, yuk simak 5 fakta menarik film Just Mom yang telah dirangkum Hypeabis.id seperti berikut ini. 
 

1. Adaptasi kumpulan cerpen karya Bagas Dwi Bawono

Film Just Mom merupakan adaptasi dari kumpulan cerpen (kumcer) berjudul Ibu, Doa yang Hilang karya Bagas Dwi Bawono. Buku yang terbit pada tahun 2014 ini merupakan kumpulan cerita pendek penulis yang mengangkat kisahnya dengan sang ibu.

Kumcer ini secara rinci berkisah tentang perjuangan seorang ibu yang membesarkan anak-anaknya, bekerja keras membanting tulang agar anak-anaknya bisa melanjutkan pendidikan hingga sarjana.
 

2. Kolaborasi Dapur Film dan Taman Wisata Candi (TWC)

Film ini juga merupakan hasil kolaborasi antara Dapur Film dengan TWC. Kolaborasi tersebut diwujudkan dengan syuting yang dilakukan di Candi Prambanan, Yogyakarta. Produser Just Mom dari TWC, Palwoto, berharap dengan adanya kerja sama ini masyarakat dapat melihat betapa hebatnya para nenek moyang dalam membangun arsitektur candi, sekaligus menginspirasi penonton untuk berkarya.

“Saya berharap para penonton itu bisa melihat nenek moyang kita itu luar biasa. Relief dan arsitekturnya itu luar biasa. Saya berharap orang itu lebih mencintai cagar budayanya dan bagian dari pengembangan heritage kita ini salah satunya lewat film,” katanya.
 

g

Poster film Just Mom (Dok. Dapur Film)


3. Dibintangi sederet aktor dan aktris ternama

Film Just Mom menggandeng sederet aktor dan aktris ternama Indonesia untuk memerankan berbagai karakternya. Salah satunya adalah Christine Hakim, aktris senior yang dipilih menjadi pemeran utama sebagai Ibu Siti.

Selain Christine Hakim, film ini juga dibintangi oleh Ayushita W. Noegraha, Niken Anjani, Ge Pamungkas, Toran Waibro dan Dea Panendra.

(Baca juga: Angkat Dinamika Ibu & Anak, Film Just Mom Masih Tayang di Bioskop)
 

4. Inspirasi Ayushita memerankan ODGJ

Dalam film, Ayushita berperan sebagai Murni, seorang ODGJ yang tengah hamil tua. Dia menjadi pelipur kesepian Ibu Siti di usia senjanya dan diurus seperti anak oleh Ibu Siti. Untuk mendalami perannya, aktris yang akrab disapa Ayu itu mengaku terinspirasi dari seekor kucing yang diberi nama Kuki.

Beberapa bulan sebelum syuting, Ayu mengaku didatangi seekor kucing tapi kucing itu sempat hilang. Setelah beberapa saat, akhirnya kucing itu kembali dan Ayu pun sering mengajaknya ngobrol.

“Jadi ketika aku dapet skrip ini, aku ini kayak Ibu Siti yang merawat anak-anak yang tidak bertuan [Murni]. Aku membuat sikap dan sifat Murni sama dengan Kuki, karena kalau diajak komunikasi itu kayak ngerti cuma dia emang enggak mau berkomunikasi,” katanya.
 

5. Kerja Sama Hanung Bramantyo dan Jeihan Angga

Nama Hanung Bramantyo sudah tidak lagi asing di industri perfilman Tanah Air. Meski namanya sering muncul sebagai sutradara, kini Hanung Bramantyo bertindak sebagai produser dalam film Just Mom.

Dalam garapannya kali ini, Hanung menggandeng Jeihan Angga sebagai sutradara,  yang pernah terpilih menjadi Sutradara Pilihan Tempo. Film Just Mom merupakan proyek kerjasama kedua antara Hanung dan Jeihan setelah film Mekah I'm Coming (2020).

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Sunghoon ENHYPEN Absen dari Kegiatan MC Music Bank Paska Operasi Rhinitis

BERIKUTNYA

Hati-hati, Ini 7 Kesalahan Memakai Body Lotion yang Jarang Disadari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: