ATEEZ (kiri) dan EPIK HIGH (kanan). (Dok. Twitter/KQ Entertainment & Tablo)

5 Lagu B-Side K-pop Rilisan 2020-2021 yang Ikonik

19 January 2022   |   21:12 WIB

Selain lagu-lagu utama dari berbagai album K-pop yang banyak didengarkan, ada juga lagu-lagu lain di dalam sebuah album yang tidak banyak mendapatkan perhatian dari pendengar yang biasa. Akan tetapi dalam istilah K-pop, lagu B-side umumnya merujuk pada lagu-lagu yang tidak dipasarkan sebagai lagu utama.
 
Meski kepopuleran lagu-lagu B-side biasanya tidak sebesar lagu utama, beberapa lagu B-side berikut ini justru menjadi lagu-lagu yang enggak kalah populer dengan lagu utama dari album yang sama lho! Yuk intip 5 lagu B-side dari album-album yang dirilis pada 2020-2021.
 

1. Rocky (ATEEZ)


Dianggap sebagai salah satu lagu yang memiliki ciri khas yang kuat seperti salah satu lagu utama dalam album EP ZERO: FEVER PART 3, Deja Vu, Rocky memiliki irama dengan kesan anthem yang kuat ditambah dengan lirik yang mengangkat metafora petinju dengan determinasi yang kuat untuk berjuang.
 
Lagu ke-4 dari album ini memiliki semangat yang serupa dengan lagu B-side The Leaders dan lagu utama Fireworks (I'm The One) dari album EP ZERO: FEVER PART 2: kesan yang kuat dan semangat yang terus ada.
 

2. Blockbuster [feat. Yeonjun TXT] (ENHYPEN)


Lagu B-side dari album DIMENSION: DILEMMA dengan featuring Yeonjun dari TXT ini merupakan B-side yang kuat dengan unsur pop rock yang lebih segar dibandingkan dengan Tamed-Dashed  yang mengangkat aliran new wave.
 
Secara lirik, Blockbuster mengangkat kisah tentang harapan seorang anak yang ingin hidup seperti karakter pahlawan dalam sebuah film aksi. Lagu ini masih selaras dengan jalan cerita di dalam album DIMENSION: DILEMMA yang mengangkat tentang dilema untuk memuaskan orang lain dan mewujudkan keinginan indvidu.
 

3. Pretty Savage (BLACKPINK)


Salah satu lagu dari album studio The Album ini merupakan lagu B-side yang menjadi favorit bagi sebagian pendengar dibandingkan dengan lagu utama dari album yang sama, Lovesick Girls.
 
Dengan aliran trap dengan elemen tambahan berupa irama bergaya staccato dan vokal yang kuat, Pretty Savage dianggap sebagai salah lagu anthem yang memiliki lirik untuk menyindir orang-orang dengan menekankan pada keunikan yang dimiliki oleh BLACKPINK.
 

4. 2 MINUS 1 (SEVENTEEN)


Sebagai satu-satunya lagu berbahasa Inggris yang dimiliki SEVENTEEN, 2 MINUS 1 menjadi lagu B-side yang berbeda dengan lagu lain dalam album EP Attaca karena bahasa utama dan aliran lagu yang cenderung terinspirasi dari lagu-lagu punk rock milik Avril Lavigne.
 
Tidak hanya itu, liriknya mengekspresikan kekesalan dari berbagai kenangan dalam sebuah hubungan di masa lalu dan upaya untuk melupakannya setelah merasakan patah hati.
 

5. Acceptance Speech [feat. B.I] (EPIK HIGH)


Salah satu B-side dalam album EPIK HIGH IS HERE Part 1 ini juga menjadi lagu yang menyimpan makna mendalam di kalangan penggemar karena lagu ini merupakan comeback pertama setelah keluar dari iKON dan YG Entertainment.
 
Meski tidak ada rincian tentang makna dari lagu ini, lagu ini mengangkat kisah perjalanan karier EPIK HIGH dalam suka dukanya serta upaya untuk menerima hal tersebut sebagai sebuah pembelajaran untuk tetap maju.



Editor: Gita
SEBELUMNYA

Intip Konsep Kuliner Italia di Cabang Ke-4 Fleudelys Restaurant

BERIKUTNYA

3 Tips Belanja Pintar ala Prita Ghozie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: