Samsung Galaxy Tab S7 (dok. Hypeabis.id/Syaiful)

Samsung Galaxy Tab S8 Series Penuhi TKDN

17 January 2022   |   11:39 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Vendor perangkat elektronik Samsung tengah bersiap menghadirkan produk terbarunya dari jajaran tablet. Setelah menghadirkan Samsung Galaxy Tab S7 Series sebagai perangkat andalannya, perusahaan akan segera merilis generasi selanjutnya yakni Galaxy Tab S8 Series. 

Seri tablet premium terbaru raksasa teknologi asal Korea Selatan itu masih belum dirilis resmi, bahkan di tingkat global. Akan tetapi, tampaknya mereka telah mendaftarkan produk untuk masuk ke pasar Indonesia. 

Pasalnya, tablet anyar Samsung itu telah dinyatakan lolos sertifikasi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian Kemenperin (Kemeperin). Ini terlihat melalui laman peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN). 

Dalam laman tersebut, PT Samsung Electronics Indonesia telah mendapatkan sertifikat untuk jenis produk komputer tablet. Total ada tiga yang merek dan tipe yang terdaftar. Berikut ini rinciannya : 
  • SAMSUNG SM-X906B dengan TKDN 33,40% 
  • SAMSUNG SM-X806B dengan TKDN 36,20% 
  • SAMSUNG SM-X706B dengan TKDN 36,20% 

Bila ditelusuri, SAMSUNG SM-X906B nama device dari Galaxy Tab S8 Ulta, SM-X806B adalah Galaxy Tab S8 Plus dan SM-X706B adalah Galaxy Tab S8. Jadi, Samsung akan memboyong seluruh varian mereka ke pasar dalam negeri. 

Akan tetapi perlu dicatat bahwa walaupun sudah mengantongi sertifikat TKDN, produk tersebut belum berarti akan dirilis dalam waktu dekat. Perusahaan perlu mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Selain itu, sebagaimana disebutkan sebelumnya, tablet seri terbaru perusahaan belum secara resmi diperkenalkan. Kabarnya, Samsung akan mengumumkan tab ini pada ajang Galaxy Unpacked yang digelar bulan depan. 

Sejumlah bocoran menyebut ketiga tablet Samsung itu akan ditenagai oleh prosesor terbaru dan terandal dari Qualcomm, tak lain adalah Snapdragon 8 Gen 1 yang menggunakan fabrikasi 4 nanometer. 

Ini merupakan hal yang sangat mungkin, bila menengok pengalaman sebelumnya, di mana Samsung menyematkan prosesor buatan sendiri yaitu Exynoss ke perangkat smartphone andalannya tapi masih memakai prosesor pihak ketiga untuk produk tablet mereka. 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Avril Lavigne Bakal Rilis Album Terbaru berjudul Love Sux Bulan Depan

BERIKUTNYA

Rizal Rama, Model Indonesia yang Debut di Show Fendi FW 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: