Deep Learning Dynamic Super Resolution (Dok. Nvidia)

Main Game Makin Mulus Pakai Nvidia DLDSR 

16 January 2022   |   18:43 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Penyedia unit pemroses grafis Nvidia menghadirkan fitur anyar, yang memungkinkan para gamers meningkatkan kualitas gambar permainan video mereka menjadi lebih baik. Fitur ini dapat dijalankan dengan mudah menggunakan graphics card perusahaan. 

Nvidia menamai fitur teknologi tersebut dengan sebutan Deep Learning Dynamic Super Resolution (DLDSR). Dilansir The Verge, perusahaan multinasional Amerika Serikat itu menyatakan bahwa fitur dapat membuat sebagian besar gim terlihat lebih tajam. 

DLDSR dibangun di atas teknologi Dynamic Super Resolution (DSR)  yang telah dikembangkan perusahaan sebelumnya. Secara sederhana penjelasannya seperti ini. DSR membuat tampilan gim berada pada resolusi yang lebih tinggi daripada yang dapat ditangani oleh monitor, kemudian menurunkannya ke resolusi asli monitor pengguna. 

Hal ini menjadikan permainan tersebut memiliki gambar dengan ketajaman yang lebih baik. Akan tetapi, umumnya terjadi penurunan kinerja. Contoh, jika pengguna punya kartu grafis yang mampu menjalankan gim pada resolusi 4K tapi monitor hanya mampu di resolusi 2K, maka kalian bisa menggunakan DSR untuk meningkatkan ketajaman gim. 

Nah, DLDSR menggunakan konsep serupa dengan DSR, ditambah penggabungan kecerdasan buatan (artificial inteligence/AI) yang dapat lebih meningkatkan kualitas gambar sembari tetap menjaga kinerja menjadi tidak turun secara signifikan. 

Nvidia menyatakan bahwa peningkatan kualitas gambar yang berjalan pada resolusi 4 kali lipat menggunakan DSR setara dengan peningkatan sebesar 2,25 kali menggunakan DLDSR. Jadi, penambahannya lebih sedikit yang menyebabkan kinerja tidak terganggu, tapi ketajamannya tetap lebih baik. 

Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk banyak judul gim sesuai dengan kemampuan kartu grafis dan monitor pengguna. Tentu saja, hasil yang didapatkan mungkin akan berbeda baik dalam hal frame per second maupun tampilan yang dihasilkan. 

Bagi kalian yang ingin menjajal fitur Deep Learning Dynamic Super Resolution, berikut ada langkah-langkah yang harus dilakukan.
  • Perbarui ke driver Nvidia terbaru 
  • Buka aplikasi Nvidia Control Panel 
  • Pilih menu Manage 3D Settings 
  • Klik DSR Factors dan pilih DL Scaling 

Editor : Gita

SEBELUMNYA

Simak 7 Perusahaan Besar yang Bakal Mewujudkan Metaverse

BERIKUTNYA

Penuh Makna, 12 Makanan Ini Wajib Ada saat Imlek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: