Fitur Walkie Talkie (dok. Microsoft)

Fitur Walkie Talkie Microsoft Teams Sudah Dirilis, Coba Yuk!

16 January 2022   |   17:00 WIB

Raksasa teknologi Microsoft mengumumkan bahwa fitur Walkie Talkie di Teams saat ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah ponsel pintar atau tablet menjadi perangkat komunikasi walkie talkie, yang bekerja memakai jaringan data seluler atau wifi

Layanan Walkie Talkie ini sejatinya telah diumumkan oleh Microsoft sejak 2020 lalu. Fitur juga telah diluncurkan di platform Android sejak tahun yang sama, tapi kini perusahaan menyebut fitur telah tersedia untuk perangkat seluler Zebra serta iPhone dan iPad. 

Perusahaan menyatakan fitur dan teknologi ini sangat bisa diterapkan untuk para pekerja garis depan atau bagi mereka yang menghadapi pelanggan dan menjalankan operasional dalam perusahaan, yang akan memudahkan proses komunikasi. 

Kolaborasi antara Microsoft dan Zebra Technologies memungkinkan proses komunikasi yang bekerja dengan konsep push to talk yang simpel, cepat, dan aman. Ini memang mirip dengan sistem kerja walkie talkie tapi dengan perangkat ponsel pintar. 
 

Walkie Talkie (dok. Microsoft)

Walkie Talkie (dok. Microsoft)


Dalam keterangan resminya, Microsoft menulis bahwa Walkie Talkie memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan tim mereka menggunakan saluran dasar yang sama dengan tempat mereka menjadi anggota.
 
“Hanya pengguna yang terhubung ke Walkie Talkie di saluran yang menjadi peserta yang dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan push to talk,” tulis perusahaan. 

Sebagai catatan, karena fitur Walkie Talkie di Teams menggunakan konektivitas internet, maka pengalaman penggunaannya juga akan dipengaruhi oleh kondisi jaringan. Perusahaan menyatakan kondisi yang optimal setidaknya memenuhi hal ini. 

Pertama latensi atau round trip time (RTT) yang harus kurang dari 300 millisecond (<300ms), kedua inter-arrival jitter atau rerata perubahan delay kurang dari 30 millisecond (<30 ms), dan ketiga packet loss yang kurang dari 1 persen. 

Selain itu, perusahaan juga menyatakan bahwa penggunaan data dari fitur Walkie Talkie adalah sekitar 20 Kb/s saat mengirim atau menerima radio. Adapun saat idle, tidak ada konsumsi data yang dipakai dari fitur tersebut. 
 



Editor: Roni Yunianto 
SEBELUMNYA

Leslie Grace Tampil dengan Kostum Batgirl Terbaru

BERIKUTNYA

Booster CoronaVac Tingkatkan Antibodi Hingga 20 Kali Lipat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: