Sumber gambar : Tangkapan layar rilis Sotheby's

Mahakarya Seni Abad ke-20 Ini Akan Dilelang

12 January 2022   |   19:14 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Karya seni lukis L'empire des lumières dari Rene Magritte dilelang Sotheby’s London. Mahakarya seni abad ke-20 ini disebut-sebut sebagai salah satu karya seni modern yang paling diinginkan yang berada di tangan pribadi, dan di antara gambar definitif seni surealis.

Dalam laman Sotheby’s, Helena Newman, Ketua Sotheby's Europe Dan Kepala Seni Impresionis & Modern Di Seluruh Dunia, menuturkan lukisan tersebut menyatukan 2 elemen palling mendasar dari kehidupan sehari-hari, yakni siang dan malam ke dalam satu kanvas paradoks.

Dengan skala yang mengesankan, lukisan sinematik menarik pemirsa ke dunia abadi Magritte. Kedekatan dan kekuatannya merangkum kualitas bintang yang menempatkan sang seniman dengan kuat di antara jajaran seniman yang paling dicari di pasar.

“Kami sangat bersemangat untuk memulai tahun baru dengan menghadirkan karya yang memukau ini di London, di mana karya ini mewakili tolok ukur baru baik bagi seniman maupun pasar seni global.” Katanya.

L'empire des lumières juga disebutkan menangkap paradoks visual yang terletak di jantung orisinalitas seniman. Karya tersebut dibuat pada 1961 untuk Baroness Anne-Marie Gillion Crowet, putri pelindung Magritte, kolektor surealis Belgia, Pierre Crowet, dan tetap menjadi bagian keluarga sejak saat itu.

Anne-Marie mewujudkan cita-cita estetika Magritte, bahkan sebelum dia benar-benar bertemu dengannya. Anehnya, kemiripannya ditemukan dalam sejumlah karya yang dieksekusi sebelum pertemuan pertama mereka, ketika dia dengan terkenal berkata kepadanya, yakni " Tu vois, je te peignais déjà avant de te connaître”.

Setelah itu dia menjadi teman seumur hidup Magritte dan istrinya Georgette, muncul di banyak lukisan artis yang paling signifikan.

Dengan perkiraan lebih dari US$60 juta, mahakarya seni abad ke-20 ini akan ditawarkan sebagai bintang Lelang Malam Modern & Kontemporer Sotheby di London pada 2 Maret 2022.

Dipamerkan di seluruh dunia di Brussel, Roma, Paris, Wina, Milan, Seoul, Edinburgh dan San Francisco, L'empire des lumières terakhir dipinjamkan ke Musée Magritte di Brussel pada 2009-2020, dan dikelilingi oleh koleksi lukisan Magritte terbaik di Dunia.

Sebelum dilelang, lukisan itu akan dipamerkan untuk umum di galeri Sotheby's di Los Angeles, Hong Kong, New York, dan London.


Editor: Gita
 

SEBELUMNYA

5 Mural Keren di Singapura yang Wajib Genhype Kunjungi

BERIKUTNYA

Disney Patenkan Teknologi untuk Wahana Metaverse

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: