Beberapa poster film spin off Indonesia (Dok. IMDb)

7 Spin Off Film Indonesia Ini Tak Kalah Seru

11 January 2022   |   23:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, pasti pernah dengar dengan istilah film spin off?

Spin off didefinisikan sebagai program televisi, buku, dan lain-lainnya yang menceritakan tokoh lain dari cerita yang sudah ada sebelumnya. Mengutip dari Studio Antelope, Selasa (11/1/2022), dalam beberapa film, karakter pembantu secara tidak sengaja menarik perhatian penonton.

Karakter yang menarik inilah yang kemudian ditarik dari film asli dan dibuatkan film sendiri di mana dia menjadi karakter utamanya. Film spin off biasanya berada di dunia yang sama dengan film aslinya, hanya saja konflik dan karakter lainnya tidak memiliki benang merah kecuali karakter spin off itu sendiri.

Salah satu film spin off Indonesia yang sedang diperbincangkan adalah Arini by Love Inc. Film garapan sutradara Adrianto Sinaga itu merupakan spin off dari film Love for Sale melalui karakter Arini yang diperankan Della Dartyan.

Selain film Arini by Love Inc, berikut beberapa film spin off Indonesia yang  dirangkum oleh Hypeabis.id.
 

1. Story of Dinda: Second Chance of Happiness (2021)

 

Dok. IMDb

Dok. IMDb

Film Story of Dinda: Second Chance of Happiness sejatinya masih satu kesatuan sebagai spin off dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019). Film ini berdasarkan tokoh dalam film Story of Kale: When Someone’s in Love. Jika dalam Story of Kale mengambil sudut pandang laki-laki, dalam film Story of Dinda mengisahkan sudut pandang Dinda tentang hubungannya dengan Kale.
 

2. Story of Kale: When Someone’s in Love (2020)

 

Dok. IMDb

Dok. IMDb

Story of Kale: When Someone’s in Love merupakan spin off dari sosok Kale dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019). Film ini mengisahkan perjalanan cinta sepasang kekasih dari sudut pandang Kale yang sangat mencintai kekasihnya, Dinda. Namun, rasa sayang dan cinta yang ditunjukkan Kale justru menjadi hubungan yang toxic bahkan abusif.
 

3. Mangkujiwo (2020)

 

Dok. IMDb

Dok. IMDb

Mangkujiwo merupakan spin off dari film Kuntilanak (2018). Film ini mengisahkan asal mula sosok Kuntilanak muncul, di mana hadirnya sosok kuntilanak juga merupakan akibat langsung dari perseteruan dua tokoh yakni Brotoseno (Sujiwo Tejo) dan Cokrokusumo (Roy Marten).

(Baca juga: Jadi Spin Off Film Love for Sale, Arini by Love Inc Segera Tayang di Bioskop Online)


4. Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga (2018)

 

Dok. IMDb

Dok. IMDb

Film garapan sutradara Ernest Prakasa ini adalah spin off film Ada Apa Dengan Cinta (2002) melalui karakter ikonis Milly dan Mamet dalam Geng Cinta. Film ini berkisah tentang Milly dan Mamet yang akhirnya jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah. Kehidupan mereka pun jauh berubah setelah menikah dan memiliki anak.
 

5. Sabrina (2018)

 

Dok. IMDb

Dok. IMDb

Setelah film horor The Doll 2 sukses menjadi box office pada 2017, film Sabrina pun dirilis setahun setelahnya yang merupakan spin off dari film tersebut. Sabrina merupakan kisah tentang sebuah boneka yang menjadi kesukaan anak dari Aiden dan Maira yang sudah meninggal dunia. Boneka tersebut merupakan tanda cinta dan kasih kepada anak mereka sendiri.
 

6. Gila Lu Ndro! (2018)

 

Dok. IMDb

Dok. IMDb

Gila Lu Ndro! merupakan spin off dari film Warkop DKI yang fokus pada Indro sebagai karakter film. Meskipun begitu, cerita dalam film ini sangat berbeda dengan film komedi realis yang kerap ditampilkan dalam film Warkop DKI umumnya. Namun, di sisi lain, film tersebut tetap membawa napas komedi satir yang sering dibawakan oleh Warkop DKI.
 

7. Asih (2018)

 

Dok. IMDb

Dok. IMDb

Asih merupakan spin off dari film Danur (2017), yang mengisahkan perempuan malang yang mengakhiri hidup lantaran banyak kejadian nahas menimpanya. Dia diusir dari rumah oleh orang tuanya setelah seorang laki-laki menghamilinya dan lari dari tanggung jawab. Meski sebagai spin off, film ini berhasil menjadi box office dengan total lebih dari 1,7 juta penonton. 


Editor: Gita
 

SEBELUMNYA

Sebanyak 16 Desainer Bakal Hadir di New York Indonesia Fashion Week

BERIKUTNYA

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Balikan sama Mantan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: