Ilustrasi minuman (Sumber gambar: Sam Hojati/Unsplash)

5 Sajian Minuman Sehat Pereda Kolesterol yang Pas Untuk Momen Iduladha

17 June 2024   |   08:54 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Iduladha sudah tiba. Ketupat dan aneka lauk pauknya selalu akrab menjadi sajian khas Lebaran kurban setiap tahunnya. Namun, Genhype perlu mewaspadai sajian daging dan olahan berbahan santan, karena saat mengonsumsinya secara berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti kolesterol (LDL) tinggi dan penyakit yang ditimbulkannya.

Untuk menemani aneka santapan Lebaran kurban yang biasanya akan banyak sajian dengan kandungan kolesterol tinggi, ada beberapa menu minuman yang sehat dan menyegarakan yang cocok menemani berbagai sajian pada momen Iduladha ini.

Baca juga: Simak Arti Kata Iduladha dan Sejarah Ibadah Kurban

Genhype pun bisa memilih aneka jus sehat sebagai penetralisir aneka hidangan tinggi kandungan kolesterol. Yuk simak rekomendasi minuman sehat berikut!.


1. Teh hijau

Salah satu minuman yang direkomendasikan untuk menetralisir santapan daging adalah teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat.

Minum teh hijau secara teratur dapat membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Teh hijau bisa disajikan secara hangat atau ditambahkan es batu untuk membuatnya lebih segar. Namun perlu diingat untuk tidak menambahkan gula yang bisa menyebabkan peradangan.


2. Jus Lemon

Jus lemon menjadi pilihan tepat sebagai minuman penetralisir kolesterol saat sedang sering mengonsumsi daging. Lemon kaya akan vitamin C dan serat pektin yang baik untuk kesehatan jantung. Minuman ini direkomendasikan karena dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan.

Selain itu, jus lemon juga membantu meningkatkan metabolisme lemak yang baik untuk organ tubuh. Genhype bisa membuat jus lemon dengan memeraskan lemon dan mencampurnya dengan air atau es batu.


3. Jus Bit

Bit merupakan jenis buah yang mengandung betasianin. Senyawa ini dikenal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Jus bit adalah pilihan yang tepat untuk membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Genhype bisa membuat buah bit sebagai jus. Cuci buah bit, kemudian potong menjadi bagian kecil dan haluskan dengan blender. Tambahkan air dan es batu untuk membuat jus buah lebih segar dinikmati.


4. Jus Alpukat

Alpukat  memiliki sumber kolesterol baik (HDL) yang mampu menetralisir kolesterol jahat. Alpukat mengandung lemak sehat tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Secara bersamaan, kolesterol baik ini bisa menekan laju kadar kolesterol jahat. Jus alpukat bisa menjadi sajian tepat saat Iduladha. Untuk membuat cita rasa yang lebih unik, Genhype bisa menambahkan aneka buah-buahan segar atau yogurt tanpa lemak ke dalam jus alpukat.


5. Air Jeruk Nipis & Jahe

Perlu rekomendasi minuman rimpang yang menyegarkan? Jeruk nipis dan jahe merupakan bahan tepat yang bisa dicoba untuk membuat minuman menyegarkan.  Jeruk nipis mengandung flavonoid dan serat pektin yang baik untuk mengatur kadar kolesterol, sementara jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meningkatkan aliran darah serta mengurangi kadar kolesterol baik.

Baca juga: Tanpa Santan, Cek Rekomendasi Resep Daging Kurban untuk Sajian Iduladha

Kombinasi jus jeruk nipis dan jahe adalah minuman sehat yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Cukup peraskan jeruk nipis dan air, kemudian letakkan beberapa ruas jahe yang sudah dikupas ke dalam minuman tersebut. Tambahkan es batu untuk sajian minuman yang lebih nikmat.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Begini Tata Laksana Penyembelihan Hewan Kurban sesuai Prosedur Kesehatan

BERIKUTNYA

Cek Daftar Makanan yang Efektif Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: