Ilustrasi (Photo by Patrick Perkins on Unsplash)

9 Tips Desain Interior untuk Rumah Kecil

11 January 2022   |   22:11 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ketika menempati rumah atau apartemen ukuran kecil, sulit untuk memasukkan semua barang yang kalian butuhkan. Apalagi mencoba untuk menyesuaikan tema dan membuat ruangan terlihat lebih apik dan luas. Tapi inilah yang membuat desain interior menyenangkan.

Menata rumah kecil membutuhkan bakat yang mengharuskan kita memaksimalkan ruang terbatas namun tetap sesuai dengan keinginan kita. Keterbatasan seharusnya tidak menjadi halangan untuk merealisasikan rumah idaman.

Tips berikut ini mungkin cocok untuk Genhype yang tinggal di apartemen studio atau rumah berukuran kecil guna memberikan efek ruangan yang lebih luas namun tetap gaya.


1. Area Makan Wall to Wall


Memiliki ruang tamu yang kecil bukan berarti kita harus merelakan area untuk ruang makan. Pilih satu sudut dan pastikan meja dan sofa atau kursi menempel pada dinding.

Cara ini merupakan contoh optimalisasi ruang yang cukup efektif. Jangan lupa berikan detail seperti lampu gantung atau hiasan seni untuk memberikan spotlight pada area tersebut.


2. Sejajarkan Semuanya dengan Dinding


Cara termudah untuk membuat rumah kecil terlihat luas adalah dengan menempelkan setiap perabot ke dinding, menyisakan banyak ruang di tengah ruangan.

Sejajarkan tempat tidur, rak, meja belajar, sofa, bahkan lemari dengan dinding untuk menyisakan banyak ruang kosong di tengahnya. Cara ini efektif untuk semua jenis ruangan dalam desain interior rumah kecil.
 

3. Letakkan Kasur Tanpa Dipan atau Tempat Tidur


Kasur yang sejajar dengan lantai (tentu tetap harus dialas dengan kayu atau karpet) tidak hanya memberikan efek langit-langit yang lebih tinggi tapi juga memungkinkan kamu menggunakan area lainnya lebih efisien.

Desain tempat tidur masa kini juga tak jarang dilengkapi dengan laci geser di bagian bawah kasur sebagai tempat penyimpanan tambahan. Ada lebih banyak ruang untuk dimanfaatkan.


4. Gunakan  Meja Lipat atau Meja Dinding


Meja lipat yang dipasang di dinding adalah salah satu tambahan paling efisien untuk ruang kecil. Tambahkan beberapa kursi lipat dan kamu akan memiliki ruang makan yang sangat mudah diakses kapan pun diperlukan.

(Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mendesain Ruang Keluarga)


5. Siapkan Sofa Two-Seater dan Rak Gantung


Kalau kalian punya jiwa entertainer tapi tinggal di rumah dengan ruang keluarga kecil, salah satu trik yang tidak pernah gagal adalah membeli sofa dua dudukan dan beberapa bangku kecil. Cara ini tidak hanya memberi detil pada ruangan tapi juga memudahkan lebih banyak orang bersantai di ruang tengah.

Tips lain yang perlu kalian pertimbangkan adalah rak gantung untuk menyimpan barang. Daripada meja atau rak konsol yang lebih memakan ruang, rak gantung bisa jadi alternatif.


6. Pencahayaan yang Baik


Pencahayaan yang baik akan memberikan efek dramatis pada satu ruangan, besar atau kecil. Pastikan kamu memasang pencahayaan yang baik di ruang yang lebih kecil dan sempit seperti kamar mandi dengan jendela kecil atau dapur.


7. Gunakan Partisi Dinding Kaca Sebagian


Partisi kaca akan memberikan efek ruangan yang lebih luas serta menyediakan pencahayaan yang baik untuk ruang yang saling berdekatan.


8. Kurangi Furnitur, Perbanyak Pajangan


Untuk ruangan kecil, furnitur berukuran kecil akan lebih efektif digunakan. Kalian tetap bisa memasukkan sofa, permadani, meja tengah dan lain-lain asal ukurannya tidak menggunakan terlalu banyak ruang. Selain itu, perbanyak pajangan seperti karya seni atau tanaman hias agar ruangan tidak terlihat terlalu kosong. Tambahkan lampu gantung untuk memberikan nilai tambah pada ruangan.


9. Gunakan warna netral


Ruangan dengan nuansa tenang dan memiliki nada warna yang seragam memberikan efek ilusi ruang yang lebih luas. Pastikan untuk menambahkan ragam tekstur pada ruangan agar tidak membosankan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ada Berapa Volume Air di Atmosfer Bumi? Ini Jawabannya

BERIKUTNYA

Sisa Asap Vape Di Rumah Picu Bronkitis!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: