Michael Lang. (Dok. Woodstock)

Co-Creator Woodstock Music Festival, Michael Lang Meninggal

10 January 2022   |   16:11 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Michael Lang, salah satu pionir dan promotor festival musik Woodstock 1969, meninggal dunia di usia 77 tahun. Michael Pagnotta, juru bicara keluarga Lang, mengatakan Michael menderita limfoma non-Hodgkin dan meninggal pada hari Sabtu (8/1,) di Memorial Sloan Kettering Cancer Center, New York.

“Dia benar-benar sosok yang bersejarah, dan juga pria yang hebat," ujar Pagnotta, seperti dilansir melalui Guardian.

Bersama dengan Artie Kornfeld, John Roberts, dan Joel Rosenman, Lang mengadakan festival yang disebut sebagai hari perdamaian dan musik pada 15-18 Agustus 1969.

Festival ini diinisiasi ketika perang Vietnam berkecamuk dan menyebabkan pemuda Amerika yang kecewa berpaling dari adat istiadat tradisional dan memeluk gaya hidup yang merayakan kebebasan berekspresi.
 

Sekitar 400.000 orang turun ke dusun Bethel, sekitar 50 mil barat laut kota New York. Pengunjung rela menerjang kemacetan lalu lintas sepanjang puluhan mil, hujan deras, kekurangan makanan dan fasilitas sanitasi yang tidak layak.

Lebih dari 30 penampil naik panggung yang berlokasi di tanah milik petani Max Yasgur. Penonton konser disuguhi penampilan legendaris dari artis termasuk Jimi Hendrix, Carlos Santana, The Who dan Jefferson Airplane.

“Sejak awal, saya percaya bahwa jika kami melakukan pekerjaan kami dengan benar dan dari hati, mempersiapkan dasar dan mengatur nada yang tepat, orang akan mengungkapkan jati diri tertinggi mereka dan menciptakan sesuatu yang luar biasa,” tulis Lang dalam sebuah memoar, The Road to Woodstock.

Lang dan yang lainnya berusaha untuk mengadakan konser peringatan 50 tahun festival Woodstock pada tahun 2019 tetapi upaya itu batal direalisasikan karena masalah keuangan dan kesulitan mengamankan venue.

Meskipun Woodstock dianggap sebagai pionir untuk festival musik skala besar, itu bukan yang pertama di AS. Tapi Woodstock tetap memegang tempat yang tak terhapuskan dalam sejarah.

“Banyak dari mereka yang meniru model Woodstock, Bonnaroo dan Coachella khususnya,” kata Lang pada 2009. “Ada ritual yang dibuat yang terus direplikasi.”

Dua tahun sebelumnya, pada 1967, festival Pop Monterey menarik sekitar 200.000 pengunjung ke California. Pada tahun 1968, Lang juga menyelenggarakan Miami Pop Festival.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Sebelum Penyalin Cahaya, Intip 8 Film Pendek Karya Wregas Bhanuteja

BERIKUTNYA

Contek Warna Rambut Expensive Brunette ala Gigi Hadid

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: