Chicco Kurniawan dan Shenina Cinnamon sebagai pemeran utama film Penyalin Cahaya. (Dok. Rekata Studio)

Tayang 13 Januari di Netflix, Simak Sinopsis Film Penyalin Cahaya

09 January 2022   |   15:11 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film Penyalin Cahaya (Photocopier) akan tayang di platform streaming Netflix pada 13 Januari 2022. Karya debut film panjang sutradara Wregas Bhanuteja itu mengangkat isu kekerasan seksual yang kini sedang marak terjadi di tengah masyarakat. Melalui film ini, Wregas ingin menunjukkan bahwa saat ini Indonesia mengalami darurat kekerasan seksual.

Penyalin Cahaya berkisah tentang seorang mahasiswa bernama Suryani (Sur) yang diperankan oleh Shenina Cinnamon. Dia tersadar di suatu hari dengan ingatan yang menghantuinya. Hidupnya pun langsung berubah sejak saat itu.

Sur tidak mengingat apapun yang terjadi pada dirinya saat menghadiri pesta kemenangan komunitas teater di kampusnya. Dalam pesta tersebut, Sur tidak sadarkan diri.

Sur kemudian diinterogasi oleh pihak kampus karena fotonya yang sedang mabuk viral. Foto tersebut dianggap mencemarkan nama baik kampus. Oleh sebab itu, beasiswa Sur akhirnya dicabut.
 

F

Film Penyalin Cahaya. (Dok. Rekata Studio)

(Baca juga: Penyalin Cahaya, Menyuarakan Darurat Kekerasan & Pelecehan Seksual)

Akibat permasalahan ini, Sur juga mendapatkan masalah baru karena sang ayah percaya bahwa anaknya melakukan kenakalan di luar rumah. Di sisi lain, Sur justru merasa tidak pernah melakukan itu dan dia pun kaget begitu melihat foto dirinya yang menjadi bahan perbincangan.

Sampai akhirnya sebuah ingatan mengarahkannya pada pesta perayaan sebelum akhirnya dia tidak sadarkan diri. Dari sini, Sur merasa jika dirinya dijebak dan dia akhirnya tidak tinggal diam.

Sur kemudian meminta tolong temannya untuk membantu dirinya mengumpulkan bukti. Namun, untuk membuktikan hal tersebut tidak mudah, apalagi dalam kondisi yang minim dukungan. Meski begitu, Sur terus berupaya untuk membersihkan namanya dengan mulai mencari informasi dari orang-orang yang hadir pada pesta itu.

Jalan terjal Sur dalam menemukan keadilan untuk dirinya sendiri akan menjadi hal yang menarik dicari tahu lebih lanjut dalam film ini.

Selain Shenina Cinnamon, film ini juga dibintangi oleh sederet aktor profesional Tanah Air seperti Lukman Sardi, Chicco Kurniawan, Lutesha, Jerome Kurnia, Dea Panendra, Giulio Parengkuan, Landung Simatupang, Adipati Dolken, Yayan Ruhian, Donny Damara dan Khiva Iskak.

Sebelum tayang, film Penyalin Cahaya telah berhasil memborong 12 piala Citra di ajang Festival Indonesia 2021. Beberapa penghargaan itu di antaranya adalah Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Penulis Skenario Terbaik.

Penyalin Cahaya sendiri ditayangkan perdana secara internasional pada 8 Oktober 2021 di Festival Film Internasional Busan yang dihelat di Korea Selatan.
 



Editor: Gita

SEBELUMNYA

Pameran Oret-oret Sketsa Kini, Mendekatkan Publik dengan Karya Sketsa

BERIKUTNYA

Tips Buat Pemula yang Ingin Belajar Sketsa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: