Ilustrasi sketsa (Sumber gambar: IG/galerinasional

Tips Buat Pemula yang Ingin Belajar Sketsa

09 January 2022   |   15:29 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Sketsa adalah karya gambar yang dibuat sebagai pendahuluan. Biasanya sketsa dibuat secara spontan. Walau tampak sederhana, tetapi sketsa memiliki peranan penting dalam proses berkarya. Bukan hanya itu, sketsa juga bisa dijadikan sebagai karya seni.

Nah, buat kalian yang hendak belajar sketsa, penggiat sketsa Zamrud Setya Negara punya tips terkait hal ini. Menurutnya modal pertama yang mesti pemula miliki adalah semangat membuat sketsa. Tanpa hal ini, maka sulit bagi kalian untuk memulai sketsa.

[Baca juga:Pameran Oret-oret Sketsa Kini, Mendekatkan Publik dengan Karya Sketsa]

Kemudian, kalian juga mesti bergabung dengan komunitas-komunitas sketsa. Hal ini penting agar kalian dapat belajar dari para penggiat lain. Selain itu, menurut Zamrud, tidak ada senioritas dalam komunitas-komunitas ini. Alhasil, bagi pemula pun sangat terbuka untuk berkarya.

“Kalau hanya menggambar sketsa di studio tidak akan berkembang. Sebaliknya keluar bergabung dengan komunitas dan menggambar sketsa on the spot. Dengan begitu akan berkembang,” katanya kepada Hypeabis.id.

Soal alat untuk menggambar sketsa, Zamrud mengatakan tidak terbatas pada alat-alat tertentu. Menurutnya semua alat gambar sederhana seperti pensil hingga ranting pohon dapat digunakan untuk mensketsa. Jika ingin diberi warna, maka kalian bisa menggunakan cat air.

“Bahkan beberapa teman penggiat sketsa menggunakan arang untuk membuat sktesa. Ini yang menjadi kelebihan sketsa,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan bahwa sketsa memberika manfaat bagi penggiatnya. Secara filosofis, ketika membuat sketsa, kalian akan melihat sesuatu secara jujur. Selain itu juga mendorong kalian untuk mengendalikan emosi. “Jika kita kurang puas menggambar sketsa, kemudian melengkapinya, maka itu tidak lagi menjadi sketsa. Melainkan sebuah lukian,” ujarnya.

Sebagai informasi, Zamrud tengah menggelar pameran sketsa bertajuk Oret-oret Sketsa Kini karya Zamrud Setya Negara (SketZamrud) di Tan Artspace, Semarang, Jawa Tengah, mulai dari 9 hingga 21 Januari. Dalam pameran perdanannya ini, SketZamrud menyajikan 18 sketsa pilihan dalam tampilan hitam putih, serta berwarna. Sketsa-sketsa tersebut merupakan hasil proses kreatifnya selama 2 tahun, usai hajatan besar pelaku sketsa Indonesia pada Festival Sketsaforia Urban di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, pada 2019.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Tayang 13 Januari di Netflix, Simak Sinopsis Film Penyalin Cahaya

BERIKUTNYA

Jumlah Penumpang KRL Terus Meningkat di Minggu Pertama 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: