Ilustrasi kesehatan mental (dok: Unsplash/Marcel Strauß)

Simak 5 Cara Mewujudkan Resolusi Kesehatan Mental pada Tahun Baru

31 December 2021   |   12:23 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Tidak terasa 2021 hampir berakhir, sudahkah kalian menyiapkan resolusi yang ingin dicapai pada tahun depan atau 2022? Apabila kalian belum menyiapkannya, ada baiknya kalian simak dulu penjelasan ini agar resolusi yang kalian siapkan dapat dengan mudah tercapai.

Mengutip Pertolongan Pertama untuk Kesehatan Mental (Mental Health First Aid/MHFA) Amerika Serikat pada Jumat (31/12/2021), saat menetapkan resolusi, penting bagi kalian untuk meluangkan waktu untuk merenungkan perubahan yang ingin dilihat.

Kemudian yang tak kalah penting adalah mencari tahu apa yang secara realistis dapat dilakukan untuk mencapai perubahan itu. 

"Dengan mengambil langkah-langkah yang lebih kecil dan lebih dapat dicapai menuju tujuan, ada kemungkinan lebih besar bahwa kalian akan mempertahankannya," tulis MHFA.

MHFA memaparkan hal ini berlaku untuk semua jenis resolusi, termasuk kesehatan mental. kalian dapat membantu mengelola gejala kesehatan mental kalian dengan mengambil langkah-langkah kecil setiap hari.

Nah, untuk menjaga kesehatan mental kalian sepanjang 2022 nanti, simak dulu beberapa resolusi sederhana yang bisa diterapkan dengan mudah ini.


1. Luangkan waktu untuk perawatan diri 


Pikirkan daftar kegiatan perawatan diri yang membuat kalian bahagia dan jadwalkan sebagai bagian dari rutinitas harian. Ini bisa berupa sesi terapi terstruktur atau latihan harian atau sekadar jalan-jalan di luar ruangan atau waktu bersama orang-orang terkasih.


2. Bersikap baik lah kepada diri sendiri


Perubahan bisa jadi sulit dan seringkali membutuhkan waktu. Biarkan diri kalian memiliki perasaan dan maafkan diri kalian atas kesalahan. Percayalah kalian sudah melakukan sesuatu yang terbaik.

(Baca juga: 3 Cara Mudah Buat Tahun Baru Jadi Lebih Bermakna)


3. Istirahat atau tidur adalah prioritas


Hal lain yang dapat membantu kalian mengelola kesehatan mental adalah dengan menjadikan tidur sebagai prioritas. Studi telah menemukan bahwa tidur dan kesehatan mental terhubung.

Faktanya, sekitar 65-90 persen penderita depresi berat juga mengalami masalah tidur. Tahun ini, cobalah tidur sedikit lebih awal setiap malam dan berikan tubuh Anda istirahat yang dibutuhkan.


4. Batasi penggunaan gawai


Selanjutnya, batasi waktu layar (screen time) karena menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel atau komputer dapat memengaruhi kualitas tidur, hubungan, dan bahkan menyebabkan perasaan depresi dan kecemasan.

Sadari berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk berselancar di dunia maya dan dampaknya terhadap kesehatan mental. Ketika berbicara tentang media sosial, gunakan tips ini untuk menggunakan platform dengan cara yang positif.


5. Pelajari lebih lanjut tentang kesehatan mental 


Langkah terakhir adalah pelajari lebih lanjut tentang kesehatan mental. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental kalian adalah dengan memahaminya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Miley Cyrus & Pete Davidson Jadi Tuan Rumah Pesta Spesial Malam Tahun Baru

BERIKUTNYA

Google Sambut 2022 dengan Doodle Meriah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: