Ilustrasi karya sketsa (Sumber Gambar: IG/galerinasional)

Buat Kalian Para Penggiat Sketsa di Semarang, Yuk Datang ke Pameran Oret-oret Sketsa Kini

04 January 2022   |   19:02 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Pameran sketsa bertajuk Oret-oret Sketsa Kini karya Zamrud Setya Negara (SketZamrud) akan dihelat di Tan Artspace, Semarang, Jawa Tengah, pada 9 hingga 21 Januari. Dalam pameran perdananya ini, SketZamrud bakal menyajikan 18 sketsa pilihan dalam tampilan hitam putih, serta berwarna. Sketsa-sketsa tersebut merupakan hasil proses kreatifnya selama 2 tahun, usai hajatan besar pelaku sketsa Indonesia pada Festival Sketsaforia Urban di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, pada 2019.

Zamrud mengatakan, sebagai kreator komunitas sketsa KamiSketsa GalNas ada beberapa hal yang mendorongnya untuk menggelar pameran ini. Di antaranya adalah betapa energi dan gerak para penggiat sketsa yang berpadu dengan lingkungan sekitaran, artspace, dan berbagai elemen terbentuk menjadi kesatuan harmonis yang serempak saling bersinergi dalam proses berkesenian.

Adapun, pemilihan Semarang dengan Tandhok Artspace dan Semarang Sketchwalk tempat pameran, menurut Zamrud hal itu merupakan sebuah upaya menarasikan kedekatan emosional dan kebersamaan sebuah keluarga besar sketsa Indonesia yang terjalin dengan sangat erat, produktif, dan santun.

 

Poster pameran Oret-oret Sketsa Kini

Poster pameran Oret-oret Sketsa Kini


 “Bagi saya, pameran ini bukan hanya menjadi kebanggaan yang luar biasa dan menjadi pijakan langkah berikutnya untuk dapat terus mempresentasikan ide, proses, serta hasil olah kreatif dalam karya-karya sketsa. Tetapi juga memiliki peran penting untuk menjadi bagian gerak tumbuh seni sketsa yang saat ini tidak saja mengalami pembaruan, tetapi juga menyatakan pembauran yang lebih dinamis”, tutur Zamrud dalam keterangan tertulisnya.

Pameran yang digawangi oleh Rizki Ayu Ramadhana sebagai desainer pameran dan didukung oleh Tan Artspace, Semarang Sketchwalk, Arisan Exhibition The Series, Paperina, ArtLand, serta ArtMedia Graphic Design Printing and Finishing ini dirangkai dengan acara Artist Talk pada 9 Januari 2022 pukul 18.30 wib serta Sketsa Bersama di Kawasan Kota Lama Semarang pada 15 Januari 2022 pukul 07.00-11.00 WIB.

Sementara itu, pameran ini juga diagendakan akan diresmikan oleh Sinoeng Noegroho Rachmadi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, pada 9 Januari 2022, pukul 16.00 WIB, yang dibarengi dengan penyerahan salah satu karya sketsa Tugu Lawet Kebumen dari Zamrud Setya Negara.



Editor: Gita
 

SEBELUMNYA

David Bowie Jual Katalog Musiknya kepada Warner Chappell Music

BERIKUTNYA

Krystal f(x) Digaet Jadi Duta Global Pertama Charles & Keith

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: