Ilustrasi musik David Bowie (kiri). (Dok. Nada Hanifah dari Unsplash)

David Bowie Jual Katalog Musiknya kepada Warner Chappell Music

04 January 2022   |   18:35 WIB

Perwakilan penyanyi David Bowie akhirnya resmi menjual katalog musik miliknya kepada perusahaan Warner Chappell Music pada Senin (03/01/2022) waktu setempat. Dalam laporan Variety, katalog musik yang berisikan lagu-lagu rilisannya selama 60 tahun ini terjual dengan harga USD$ 250 juta atau sekitar Rp3,58 triliun.

Katalog musik ini setidaknya meliputi ratusan lagu dari 26 album studio miliknya selama masa karirnya ditambah dengan album studio anumerta Toy yang akan rilis pada pekan ini, dua album studio lain dari Tin Machine, dan rilisan lagu single dari proyek lain seperti lagu soundtrack orisinal.

Dengan terjualnya katalog ini setelah negosiasi selama kurang lebih empat bulan, kini semua lagu milik penyanyi pop rock tersebut telah berada dalam data milik Warner Chappell Music semenjak kerja sama globalnya pada September 2021.

Kabar mengenai rencana kepemilikan katalog lagu Bowie saat itu hanya menyebutkan pihak Warner Music ingin membawa lagu-lagu mendiang dari tahun 1968 sampai 2016 di dalam sistemnya, termasuk lagu-lagu tahun 2000 sampai 2016 yang sempat dirilis perdana di bawah label rekaman Sony Music.

Kejadian ini terjadi menjelang perayaan ulang tahun mendiang ke-75 atau disebut sebagai Bowie 75 yang akan dilakukan pada 8 Januari 2022, di mana acara ini telah dipromosikan lebih dulu melalui beberapa toko pop-up di New York dan London serta set boks Brilliant Adventure (1992-2001) pada November 2021.

Tidak hanya terjadi bersamaan dengan perayaan ulang tahun Bowie, kejadian ini juga terjadi bersamaan dengan upaya Warner Chappell Music untuk membeli beberapa katalog musik lain milik beberapa penyanyi populer seperti Bruno Mars, Cardi B, Anderson. Paak, Saweetie, dan lainnya.

Bersamaan dengan upaya dari Warner Chappell Music, rencana ini juga mengikuti kecenderungan perusahaan rekaman label yang melihat adanya peningkatan nilai atau harga pada katalog musik milik beberapa artis di Amerika Serikat dengan harga yang fantastis.

Sebelum kabar katalog musik David Bowie, katalog musik milik beberapa penyanyi lawas seperti Bruce Springsteen dan Bob Dylan dinilai memiliki nominal hingga ratusan juta dolar Amerika Serikat atau triliunan rupiah.

Editor: Gita

SEBELUMNYA

Kasus Omicron Meningkat, Grammy Awards 2022 Kemungkinan Besar Ditunda

BERIKUTNYA

Buat Kalian Para Penggiat Sketsa di Semarang, Yuk Datang ke Pameran Oret-oret Sketsa Kini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: