Ilustrasi serum (Sumber foto: Freepik)

Manfaat Kandungan Idebenone Pada Skincare Untuk Menangkal Radikal Bebas

08 August 2023   |   13:44 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Apakah Genhype merasakan kalau akhir-akhir ini kualitas udara di Jakarta makin buruk? Selain menimbulkan berbagai jenis penyakit, polusi udara juga bisa menyebabkan wajah menjadi kusam dan kering karena adanya debu dan sel kulit mati yang tertinggal di dalam wajah.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut maka perlu melakukan perawatan dengan rutin membersihkan wajah menggunakan basic skincare dan nutrisi tambahan berupa serum. Apalagi saat ini para pemilik brand skincare berlomba-lomba menghadirkan inovasi produk perawatan yang memiliki berbagai kandungan dengan sejumlah khasiat terbaik.

Baca juga: Rekomendasi Serum Anti-Penuaan Dini untuk Samarkan Garis-garis Halus dan Kerutan Wajah

Salah satu kandungan yang memiliki khasiat membantu menjadikan kulit wajah lebih sehat dan cerah adalah Idebenone. Dalam penelitian yang dilakukan oleh American Skin Institute, Idebenone terbukti sebagai antioksidan yang secara khusus menangkal radikal bebas.

Dr. Dody Budiarso, Direktur PT Pesona Natasha Gemilang mengatakan pada mulanya Idebenone merupakan senyawa buatan yang diformulasikan untuk mengatasi berbagai penyakit. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan ilmu kedokteran, Idebanon mulai dimanfaatkan sebagai salah satu kandungan untuk produk skincare terutama dalam perawatan hiperpigmentasi dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

“Dengan memiliki struktur mirip dengan Coenzyme Q10 [CoQ10], Idebenone mempunyai kandungan anti-oksidan yang unik, lebih kuat dan mudah berbaur di air sehingga gampang menyerap setelah diaplikasikan,” jelasnya.

Efek antioksidan yang dimiliki oleh Idebenone dapat memperbaiki penampilan kulit yang menua sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan lingkungan serta berfungsi sebagai energizer sel kulit yang membantu proses regenerasi dan peremajaan kulit.

Formula khusus ini juga membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda, memberikan tampilan kulit yang cerah dan merata serta mampu menjaga kelembapan kulit dengan baik.

"Kandungan Idebenone kini mulai banyak diformulasi sebagai skincare salah satunya serum dengan beragam manfaat bagi kulit untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan, menghasilkan kulit yang tampak lebih muda," kata Dody.

Dikutip dari The Derm Review, selain dapat menangkal radikal bebas akibat sinar UV, polusi, dan faktor lingkungan lainnya yang dapat merusak elastisitas dan kolagen pada kulit, Idebenone juga membantu mengurangi iritasi dan meredakan kemerahan karena dapat membantu mengurangi beban stress pada kulit.

Idebenone secara umum dianggap aman untuk digunakan, hanya sedikit orang yang mengalami kemerahan, iritasi, dan perih saat digunakan sebagai produk berbahan dasar Idebenone, tetapi reaksi ini jarang terjadi.

Maka, jika kalian mempertimbangkan untuk menggunakan produk ini dan memiliki kulit sensitif, maka bisa melakukan uji di sebagian kecil kulit terlebih dahulu. Penting juga untuk dicatat bahwa Idebenone, seperti antioksidan lainnya, akan berkurang efektivitasnya seiring waktu saat terpapar sinar UV.

Untuk menghindarinya, pastikan untuk menjauhkan produk tersebut dari sinar matahari langsung dan pastikan Genhype menggunakan tabir surya saat cenderung berada di luar ruangan atau di bawah sinar matahari.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hari Lahir ASEAN 8 Agustus, Simak Sejarah dan Tujuan Berdirinya Organisasi Negara Asia Tenggara

BERIKUTNYA

6 Tayangan Seru & Hangat di Netflix Agustus 2023, Cocok Ditonton Bareng keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: