Kerutan pada wajah (Sumber foto: freepik)

Ketahui Penyebab dan Cara Menyamarkan Kerutan Pada Wajah Secara Alami

30 April 2024   |   18:54 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Banyak wanita merasa khawatir tentang berbagai masalah kulit yang dialami seperti jerawat, kulit yang kusam, dan bahkan kerutan di wajah. Tidak hanya itu, munculnya garis halus dan kehilangan elastisitas kulit juga sering menjadi perhatian yang terus-menerus bagi para wanita.

Kerutan di wajah dapat membuat tampilan wajah menjadi lebih tua dari biasanya. Hal ini tentu dapat membuat seseorang tak percaya diri. Meskipun kerutan sering dikaitkan dengan usia dan merupakan hal yang normal, tapi permasalahan kulit ini memang tidak bisa dihindari. Lalu, apa yang bisa menyebabkan kerutan timbul di wajah?

Baca juga: 5 Kiat Memilih Skin Booster Demi Wajah Mulus Bebas Kerutan
 

Kerutan pada wajah (Sumber foto: freepik)

Kerutan pada wajah (Sumber foto: freepik)

 

Faktor timbulnya kerutan di wajah

Kerutan di wajah sering dikaitkan dengan faktor usia, padahal kerutan bisa saja terjadi karena gaya hidup yang dilakukan sehari-hari. Dilansir melalui Cleveland Clinic, selain penuaan, berikut merupakan alasan mengapa wajah kalian bisa mengalami kerutan. 
 

1. Kontraksi otot wajah

Setiap harinya, otot di wajah kita melakukan pergerakan seperti senyum, ketawa, atau menyipitkan mata. Seiring berjalannya waktu, hal yang kita lakukan itu dapat membuat otot mengalami kontraksi hingga menyebabkan garis kerutan yang biasanya muncul di antara alis dan di sudut mata. Hal tersebut bisa terjadi karena melemahnya massa lemak atau tulang dan efek gravitasi pada kulit. 
 

2. Paparan sinar matahari

Sinar ultraviolet yang di paparkan oleh sinar matahari dapat menyebabkan kulit wajah kalian menua sebelum waktunya. Hal tersebut bisa terjadi karena sinar matahari dapat merusak kolagen. Kolagen merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh kulit agar kulit menjadi lebih elastis untuk mencegah kerutan. Maka dari itu, penting sekali menggunakan tabir surya dan mengoleskannya kembali ketika sedang berada di luar ruangan. 
 

3. Merokok

Selain dapat berdampak pada kesehatan dalam tubuh, produk tembakau ini juga bisa menyebabkan permasalahan kulit pada wajah. Kandungan racun yang terdapat pada tembakau dapat menurunkan aliran sel darah ke kulit. Akibatnya, kelembapan epidermis pada kulit menipis serta dapat memecah kolagen dan elastisitas pada kulit hingga menyebabkan kerutan pada wajah. 

Walaupun kerutan merupakan hal yang wajar dan alami terjadi pada banyak orang, tapi permasalahan wajah ini tentunya perlu diatasi dengan tepat. Tak melulu dengan melakukan perawatan yang mahal, tentunya kalian bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan alami.
 

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami


1. Kenakan tabir surya

Mungkin kebanyakan orang mengetahui jika tabir surya hanya dapat digunakan untuk membantu mencegah kanker kulit atau mengunci rangkaian produk perawatan wajah. Adapun, dilansir melalui Healthline, tabir surya juga berguna untuk membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan dan penggunaan tabir surya juga memiliki manfaat baik bagi kulit dalam jangka panjang. 


2. Batasi asupan gula

Selain demi menjaga kesehatan tubuh, membatasi asupan gula juga dapat berguna untuk kesehatan kulit di wajah. Gula yang kalian konsumsi dapat berpengaruh pada proses penuaan kulit melalui proses yang disebut glikasi. 

Glikasi terjadi ketika gula dalam tubuh mengikat protein seperti kolagen yang penting untuk kekuatan dan elastisitas kulit. Akibatnya, produk akhir dari proses glikasi yang disebut AGEs dapat merusak kolagen sehingga mengakibatkan kerusakan kulit dan menyebabkan kulit terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.


3. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan emolien alami yang dibutuhkan oleh kulit. Ketika kalian mengoleskan minyak kelapa pada wajah, kandungan yang terdapat pada minyak kelapa dapat mengisi celah di epidermis dan membuat kulit terasa lebih halus. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membantu mempertahankan kelembapan pada kulit sehingga membuat wajah menjadi tampak lebih kenyal dan membuat kulit menjadi lebih terhidrasi.


4. Ubah posisi tidur 

Kerutan di wajah sebenarnya bisa disebabkan oleh posisi tidur. Hal ini disebut dengan kompresi, di mana wajah akan tertekan sepanjang malam karena posisi kepala yang menempel dengan bantal. Seiring waktu, kompresi ini dapat membuat kulit kalian lebih lemah di beberapa area dan kerutan pun terbentuk. Untuk mengatasinya, kalian bisa tidur dengan posisi telentang. 


5. Cuci muka secara teratur

Riasan wajah yang menempel di kulit sepanjang malam dapat menyebabkan wajah menjadi kerutan. Hal ini bisa disebabkan karena kandungan kimia yang terdapat pada kosmetik yang kalian kenakan dapat berkontribusi terhadap stres oksidatif yang dirasakan oleh kulit. Untuk itu, sangat disarankan agar lebih rutin mencuci muka setiap harinya. Kalian juga bisa menggunakan tisu basah khusus pembersih wajah dan cuci muka dengan sedikit air dingin. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Meraup Cuan Besar dari Bisnis Wedding Organizer

BERIKUTNYA

Peluang Tambah Pendapatan dari Jasa Voice Over, Begini Prospeknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: