Ilustrasi dark spot di wajah (Sumber foto: freepik)

5 Cara Alami Menghilangkan Dark Spot di Wajah, Bisa Dilakukan di Rumah

13 June 2024   |   20:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Dark spot atau noda hitam di wajah memang bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Tapi jangan khawatir, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan mahal karena memudarkan dark spot bisa dilakukan secara alami.

Umumnya, bintik hitam muncul jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Bintik hitam atau hiperpigmentasi terjadi ketika produksi melanin kulit meningkat sehingga menghasilkan bercak yang lebih gelap dari warna kulit sekitarnya.

Dari seluruh bagian tubuh, wajah merupakan area yang paling rentan terhadap bintik hitam. Pasalnya, wajah hampir terpapar matahari sepanjang waktu.

Baca Juga: Sehat dan Natural, Ini 5 Tip Agar Wajah Glowing Alami Tanpa Skincare

Meskipun bintik hitam bukan merupakan salah satu masalah kulit yang berbahaya, tetapi masalah ini juga perlu sedikit perhatian. Sebab, jika didiamkan terlalu lama nantinya akan berdampak pada penampilan wajah.

Genhype juga tak perlu khawatir jika memiliki masalah kulit ini karena kalian bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan cara alami. Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel berikut. 
 

1. Oleskan Lidah Buaya

Dilansir oleh Healthline, gel lidah buaya yang murni mengandung aloin, bahan alami yang bisa mencerahkan kulit secara alami. Menurut penelitian pada 2012, aloin bisa membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit tanpa efek samping berbahaya.

Caranya pun cukup mudah, yakni cukup dengan oleskan gel lidah buaya murni ke area kulit yang gelap sebelum tidur, lalu bersihkan dengan air hangat keesokan harinya. Disarankan untuk melakukan ini setiap hari sampai kulit Genhype terlihat lebih cerah.
 

2. Ekstrak Teh Hijau

Ekstrak teh hijau bisa membantu mencerahkan kulit saat digunakan. Genhype bisa beli ekstrak teh hijau dan ikuti langkah-langkah ini.

Pertama, rendam kantong teh hijau dalam air panas selama tiga hingga lima menit. Setelah itu, angkat kantong teh dari air dan biarkan dingin agar tidak terlalu panas untuk kulit kalian.

Kemudian gosokkan kantong teh pada bagian kulit yang gelap. Lakukan dua kali sehari sampai kalian mendapatkan hasil yang diinginkan.
 

3. Masker Wajah Jus Lemon dan Yogurt 

Lemon memiliki sejumlah manfaat, salah satunya dapat digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah. Dilansir melalui Manipal Hospitals, kandungan vitamin C dan asam sitrat dalam jeruk nipis bagus untuk memutihkan kulit. Cara ini udah terbukti ampuh dan sering dipraktikkan.

Campuran lemon yang bisa memutihkan dan yogurt yang membersihkan adalah kombinasi ajaib untuk membuat wajah lebih bersinar dan menghilangkan bintik gelap. Gula juga bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati di wajah sehingga dapat membuat wajah terlihat lebih segar.

 

4. Minum Cukup Air

Minum banyak air dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kulit. Air dapat membantu membersihkan tubuh dengan mengeluarkan semua racun. Selain itu, air juga dapat membuang semua toksin dan limbah dari tubuh. 

Minum 8 hingga 10 gelas air per hari, sertakan juga buah dan sayuran yang tinggi kandungan air dalam menu makan. Hal ini bisa menjadi cara terbaik dan paling alami untuk mendapatkan kulit yang jernih, halus, dan bercahaya.

Selain itu, cuci wajah Genhype setidaknya 2 kali sehari untuk menghilangkan debu dan kotoran dari wajah. Disarankan juga untuk menghindari konsumsi alkohol, minuman berkarbonasi, dan minuman manis.


5. Bersihkan Wajah dengan Susu

Dilansir melalui MeidicineNet, susu dapat membantu mencerahkan kulit karena mengandung asam laktat. Untuk mengatasi masalah pigmentasi, kalian bisa merendam kapas dalam susu, lalu gosokkan pada area kulit yang gelap dua kali sehari. Lakukan secara teratur setiap hari sampai kalian melihat perubahan yang diinginkan.

Baca Juga: Tip & Trik Clean Makeup Look, Hasil Riasan Makin Natural

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Haji, dari Jaga Kontak Fisik hingga Waspada Sun Stroke

BERIKUTNYA

Marak Flu Burung H5 di AS, Kemenkes Siapkan Antisipasi di Pintu Masuk RI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: