Ilustrasi mobil (Dok. Mufid Majnun/Unsplash)

4 Perawatan Mobil yang Penting Selama Musim Hujan

29 December 2021   |   18:26 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Musim hujan membuat para pemilik mobil harus merawat kendaraan kesayangannya secara ekstra. Berbeda dengan musim kemarau, kendaraan roda empat umumnya butuh perawatan yang lebih intensif saat musim hujan agar memastikan performa mobil tetap prima.

Menurut Stephen Setyadi, Marketing Manager Autoglaze, tingginya kadar kelembapan dan kandungan zat asam pada air hujan yang menempel pada bagian mobil, bisa merusak cat mobil dan menyebabkan karat.

"Bukan hanya bisa merusak sisi penampilan, air hujan yang masuk ke dalam komponen mesin mobil juga bisa mengganggu kinerjanya," katanya.

Baca jugaSimak Tips Merawat Mobil Selama Musim Hujan

Untuk merawat mobil di musim hujan, Stephen juga memberikan beberapa tips perawatan mobil selama musim hujan seperti berikut ini.
 

1. Bersihkan komponen mesin mobil

Air hujan bisa dengan mudah masuk ke dalam komponen mesin melalui celah kap mobil. Padahal, komponen mesin adalah salah satu bagian krusial yang menentukan performa mobil.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa tidak ada satupun fungsi komponen mesin yang terganggu karena adanya endapan kotoran yang terbawa oleh air hujan, sehingga mencegah terjadinya kerusakan mesin. 
 

2. Cek kondisi wiper dan permukaan kaca

Wiper mobil memegang peranan penting untuk menjaga keselamatan berkendara di tengah hujan. Selain memastikan kelayakan kondisi wiper, kamu juga bisa melakukan window coating atau pemberian lapisan coating pada kaca mobil sebagai alternatif proteksi yang lebih optimal.

Layanan ini akan melapisi permukaan kaca dengan partikel nano yang membuat air sulit menempel, sehingga kamu akan merasa tetap nyaman saat berkendara di tengah kondisi hujan dengan jarak pandang yang lebih jernih. 
 

Ilustrasi (Dok. Ethan Sexton/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Ethan Sexton/Unsplash)

3. Jangan tunda mencuci mobil 

Musim hujan kerap membuat banyak orang malas untuk mencuci mobil, karena takut merasa sia-sia akan menjadi kotor lagi akibat terguyur hujan atau terciprat genangan air. Namun, menurut Stephen, kita tidak boleh membiarkan air hujan mengering dengan sendirinya di bodi dan kaca mobil untuk menghindari risiko menempelnya water spot atau bercak jamur.
 

4. Berikan perawatan khusus agar cat mobil tetap awet

Mobil yang sering terkena hujan tanpa diberi perawatan khusus lambat laun akan mengalami kerusakan pada permukaan cat mobil. Selain mencuci mobil, kamu juga dapat memberikan sentuhan lebih pada mobil dengan melakukan coating.

Layanan coating diformulasikan khusus untuk meningkatkan efek kilap atau glossy pada bodi mobil, serta perlindungan maksimal dari air hujan dan residu yang dapat menimbulkan water spot. Tidak hanya melapisi bagian permukaan mobil, coating juga sebaiknya dilakukan secara menyeluruh hingga bagian kaca dan ban mobil. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kasus Omicron Bertambah Lagi, Apa yang Harus Dilakukan?

BERIKUTNYA

Kevin Feige Bocorkan Kembalinya Daredevil Charlie Cox dalam She-Hulk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: