Surge P1 (dok. Xiaomi)

Xiaomi Luncurkan Cip Ketiga Buatan Sendiri, Dipakai di Xiaomi 12 Pro 

29 December 2021   |   13:23 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dalam acara peluncuran produk premium terbarunya, Xiaomi tak hanya memperkenalkan Xiaomi 12 Series. Raksasa teknologi asal China tersebut juga memperkenalkan cip ketiga yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan. Cip tersebut diberikan nama Surge P1. 

Sebagai informasi cip pertama yang dikembangkan oleh Xiaomi adalah system on chip (Soc) Surge S1 yang dipakai pada smartphone Xiaomi Mi 5C. Kedua adalah cip image signal processor (ISP) bernama Surge C1 yang disematkan pada Xiaomi Mi Mix Fold. 

Adapun, cip ketiga yang dikembangkan bukan SoC maupun ISP, melainkan cip yang didesain untuk membantu kinerja baterai dan pengisian daya pada smartphone varian tertinggi seri terbarunya, yang tak lain adalah Xiaomi 12 Pro. 

Dalam paparannya, CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan bahwa Surge P1 telah melalui proses penelitian dan pengembangan selama kurang lebih 18 bulan, dan telah mencapai solusi sel tunggal 120 watt yang rumit dibandingkan dengan solusi sel ganda. 

(Baca juga: Spesifikasi dan harga tiga varian Xiaomi 12 Series)

Dengan dukungan cip tersebut, baterai 4.600 mAh yang dipakai pada smartphone dapat terisi penuh dengan daya 100 persen dalam mode tercepat selama 18 menit, menggunakan teknologi pengisian daya 120 watt yang telah dioptimalkan.

Perusahaan mengatakan bahwa sebagai cip pengisian resonansi pertama di industri, Surge P1 memiliki arsitektur efisiensi ultra tinggi dengan fitur switching frequency yang adaptif. Efisiensi resonansi mencapai 97,5 persen dengan penurunan panas hingga 30 persen. 

Adapun, spesifikasi utama dari varian tertinggi seri terbarunya, Xiaomi 12 Pro yakni dibekali dengan SoC terkuat di pasaran saat ini yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang didukung dengan RAM LPDDR5 dan ROM UFC 3.1. 

Layarnya berukuran 6,7 inci dengan resolusi 2K yang punya panel AMOLED LTPO dengan refresh rate 120Hz. Kamera utamanya dibekali dengan sensor Sony IMX 707 terbaru dengan resolusi 50MP, dengan dua lensa lain yakni ultra lebar dan telefoto yang juga beresolusi 50MP. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

9 Istilah dalam Fashion yang Perlu Genhype Ketahui

BERIKUTNYA

Dustin Tiffani Bagikan Pesan Pelestarian Hutan Melalui Komedi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: