Ilustrasi (Dok. Towfiqu Barbhuiya/Unsplash)

Milenial Wajib Tahu, Ini 3 Tren Pengelolaan Keuangan Tahun 2022

29 December 2021   |   12:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Semenjak pandemi, banyak orang yang mulai belajar tentang pengelolaan keuangan bahkan mencoba berinvestasi. Terbatasnya aktivitas di luar rumah membuat mereka mencoba beberapa hal baru yang justru lebih menguntungkan. Hal ini juga tampaknya yang akan berlanjut di tahun 2022 dalam tren pengelolaan keuangan.

Dalam laporan berjudul Pinterest Predicts 2022, platform media sosial dan berbagi gambar itu merilis data pencarian global dengan periode analisis Oktober 2019 hingga September 2021.
 
Dari sekitar 400 juta pengguna Pinterest dari seluruh dunia, media sosial ini telah mengidentifikasi 175 gaya hidup baru yang kemungkinan bisa menjadi tren pada 2022 termasuk tren pengelolaan keuangan. Supaya enggak penasaran, yuk simak 3 tren pengelolaan keuangan tahun 2022 versi Pinterest.


1. Kebebasan finansial

 

Ilustrasi (Dok. Blake Wisz/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Blake Wisz/Unsplash)

Tidak dimungkiri saat ini sudah banyak orang yang menginginkan kebebasan finansial. Pada tahun 2022, Pinterest memprediksi bahwa orang-orang terutama generasi milenial akan semakin piawai dalam mengelola keuangan pribadi dengan memahami literasi finansial.

Hal ini ditandai dengan beberapa pencarian seperti di balik kiat investasi, edukasi keuangan, dan investasi properti bagi pemula naik secara signifikan di tahun 2021.

Menurut laporan Pinterest, pencarian kata kunci tentang "kiat investasi" meningkat hingga 195 persen disusul dengan kata kunci "edukasi keuangan" yang meningkat sebesar 155 persen.

Selain itu, pencarian soal "jurnal perencanaan keuangan" naik sebesar 90 persen, "investasi properti bagi pemula" naik 45 persen, dan "tips penghasilan pasif" naik 35 persen.

(Baca juga: Ini Alasan Tingkat Literasi Keuangan di Indonesia Masih Rendah)


2. Memulai bisnis

 

Ilustrasi (Dok. Tom Official/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Tom Official/Unsplash)

Tahun depan, Pinterest memprediksi makin banyak orang terutama generasi Z yang terjun untuk mulai berbisnis baik itu membuka toko konvensional atau secara online.

Pasalnya, sepanjang 2021, banyak orang yang mencari inspirasi atau ide untuk merancang desain toko seperti tata letak, etalase dan papan nama toko.

Menurut laporan Pinterest, pencarian dengan kata kunci "pajangan ritel kreatif" naik hingga 18 kali lipat dan "ide pajangan di pasar tani" naik sebesar 5 kali lipat. 

Selain itu, beberapa kata kunci ide desain toko lain seperti "ide plafon restoran", "muka toko vintage", dan "ide dekorasi pembukaan toko" naik sebanyak 3 kali lipat.
 

3. Hobi menjadi gaji

 

Ilustrasi (Dok. Blake Wisz/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Blake Wisz/Unsplash)

Mengubah hobi menjadi sumber pemasukan memang kondisi idaman bagi semua orang. Hal ini juga yang tampaknya akan semakin direalisasi oleh banyak orang. Pada 2022, Pinterest memprediksi bahwa orang-orang akan memulai bisnis baru sesuai dengan minat mereka seperti bisnis bulu mata, real estate, dan penyewaan kebutuhan pesta.

Pinterest juga mencatat bahwa tahun 2021 orang-orang terutama generasi milenial mulai mencari ide untuk bisnis sesuai minat secara kecil-kecilan. Namun, di tahun depan, mereka akan memulainya secara lebih spesifik.

Hal itu ditandai dengan pencarian kata kunci soal "menjadi agen rumah" yang meningkat sebesar 135 persen, "ide bisnis mobile" naik 100 persen, "ide bisnis rental rental alat pesta" naik 95 persen, "ide bisnis seni" naik 75 persen, dan "ide bisnis bulu mata" naik 60 persen.



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Akhirnya Xiaomi Resmi Rilis Smartphone Premium Xiaomi 12 Series 

BERIKUTNYA

9 Istilah dalam Fashion yang Perlu Genhype Ketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: