Ilustrasi seorang anak sedang minum susu- Alex Green (Sumber: Pexels)

Ini 5 Jenis Susu yang Paling Sehat untuk Dikonsumsi

01 June 2021   |   14:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu enggak kalau setiap 1 Juni Indonesia merayakan Hari Susu Nusantara. Awalnya, sejak tahun 2001, Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) sudah lebih dulu memperingati tanggal 1 Juni sebagai World Milk Day atau Hari Susu Dunia.

Di Indonesia sendiri, baru sejak 2009 turut serta merayakan Hari Susu Sedunia dengan judul Hari Susu Nusantara. Hal tersebut dilakukan karena latar belakang masih mirisnya konsumsi susu masyarakat Indonesia.

Menurut Pusat Data Kementerian Pertanian, jenis susu yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah susu murni, susu cair pabrik, susu kental manis, dan susu bubuk. Dari keseluruhan, rata-rata susu tersebut berbahan protein hewani, khususnya sapi.

Sebagai sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, mengonsumsi susu sangat penting untuk kesehatan tubuh. Susu juga merupakan sumber potasium, B12, kalsium, vitamin D, dan protein yang kaya dan mengandung ratusan asam lemak yang berbeda. 

Banyaknya jenis susu yang tersedia di pasaran, sebenarnya susu apa saja yang paling sehat untuk dikonsumsi? Simak info satu ini yuk Genhype!

1. Oat Milk (Susu Oat)
Dibuat dengan merendam gandum utuh, susu oat memiliki rasa manis alami dan tinggi karbohidrat. Susu satu ini sedikit lebih lembut karena mengandung beberapa serat larut yang dapat menyerap air dan berubah menjadi gel selama proses pencernaan. Hal itu membantu memperlambat pencernaan dan membuat kenyang lebih lama serta membantu menstabilkan kadar gula darah. Susu oat juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Almond Milk (Susu Almond)
Susu almond dibuat dengan merendam almond dalam air kemudian diblender dan disaring padatannya. Ketika dikonsumsi dalam bentuk tanpa pemanis, susu almond rendah kalori dan jauh lebih rendah karbohidrat daripada susu sapi. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi kamu yang mengikuti diet rendah karbohidrat.

3. Hemp Milk (Susu Rami)
Susu satu ini terbuat dari biji rami utuh dan dikenal kaya akan protein nabati berkualitas tinggi, lemak sehat, dan mineral. Susu ini dikenal bergizi tinggi dan memiliki lebih banyak protein dan lemak sehat dibandingkan dengan jenis susu nabati populer lainnya. Dibandingkan dengan susu sapi, susu rami memiliki lebih sedikit kalori, lebih sedikit protein dan karbohidrat, tetapi jumlah lemaknya sama.

4. Soy Milk (Susu Kedelai)
Soy milk adalah minuman nabati yang diproduksi dengan merendam dan menggiling kedelai, merebus campuran, dan menyaring partikulat yang tersisa. Susu kedelai merupakan sumber potasium,vitamin A, B12, dan D yang baik, serta kalsium. Susu ini juga mengandung protein sebanyak susu sapi, tetapi lebih rendah kalori daripada susu murni.

5. Cow Milk (Susu Sapi)
Susu sapi adalah susu yang paling umum dikonsumsi karena merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik. Secara alami kaya akan kalsium, vitamin B, dan banyak mineral. Susu sapi juga mengandung vitamin A dan D, menjadikannya makanan yang sangat bergizi untuk anak-anak dan orang dewasa.

Nah, kalau Genhype sendiri biasanya suka minum susu jenis apa?

Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Duh, Kematian Akibat Cuaca Panas Tinggi, Waspadai Faktor Penyebabnya

BERIKUTNYA

Ini Lho 3 Kiat Desain Ruang Tamu dengan Konsep Split-Level

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: