Kiri ke kanan: Wandavision, Loki, The Falcon and the Winter Soldier. (Dok. Marvel Studios/Disney)

Duh 5 Serial Marvel Masuk Film Paling Banyak Dibajak

27 December 2021   |   21:42 WIB

Tahun ini menjadi tahun dengan banyaknya perilisan serial daring yang masuk ke dalam fase keempat dari Marvel Cinematic Universe (MCU) milik Marvel Studios. Kepopuleran ini tidak hanya menjadikan serial-serialnya sebagai beberapa tayangan yang paling ditonton, tapi juga menjadi serial yang paling banyak dibajak.

Dalam rilisan data milik TorrentFreak dan laporan Comic Book, Sabtu (25/12), lima dari 10 serial dalam daftar serial televisi yang paling banyak dibajak pada 2021 diisi oleh serial hasil produksi Marvel Studios. Bahkan, empat di antaranya menempati urutan lima teratas berdasarkan data per episode dari beberapa sumber yang dikumpulkan.

TorrentFreak mencatat bahwa serial WandaVision (Januari 2021) menjadi serial yang paling banyak dibajak dan diunduh secara ilegal setidaknya hingga jutaan kali untuk setiap episodenya. Daftar ini dilanjutkan dengan serial Loki (Juni 2021), The Witcher (2019-sekarang), The Falcon and the Winter Soldier (Maret 2021), dan Hawkeye (November 2021) di urutan lima teratas.

Mulai dari urutan enam, ada serial What If...? (Agustus 2021), Foundation (September 2021), Rick and Morty (2013-sekarang), Arcane (November 2021), dan diakhiri oleh Wheel of Time (November 2021).

Dengan lingkungan penyiaran daring saat ini yang menjadi terfragmentasi, ini terlihat bahwa banyak orang yang lebih suka untuk membajak daripada membayar layanan berlangganan lain. Ini juga meliputi penggemar Marvel," tulis TorrentFreak.

Tidak hanya itu, ada dua nama serial lain yang berpotensi menjadi serial yang paling banyak dibajak jika TorrentFreak menggunakan penghitungan awal: Casa de Papel atau Money Heist (2017-2021) dan Squid Game (September 2021).

Meski data yang dikumpulkan TorrentFreak merupakan sebagian kecuali dari permasalahan pembajakan konten di tengah meningkatnya tren penggunaan situs siaran dan layanan platform daring, hal ini bisa menjadi bahan refleksi terkait dengan kebiasaan pembajakan yang masih dilakukan sebagian masyarakat.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Jangan Galau, Kenali 4 Tanda Gebetanmu Menyukaimu

BERIKUTNYA

Viral Layangan Putus, Ini 8 Motif Orang Pilih Selingkuh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: