Balenciaga x Gucci The Hacker Project. (Dok. Gucci)

Kolaborasi Brand Legendaris Ini Jadi Barometer Industri Fesyen 2021

27 December 2021   |   21:19 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tahun ini kita disuguhi dengan beragam kolaborasi mode mulai dari rumah mode, brand high fashion hingga sejumlah selebriti populer. Meskipun tiap kolaborasi ini unik, mereka secara kolektif membuat dampak besar di dunia mode. Sepanjang 2021 kita melihat setidaknya dua mashup yang tak terduga dari empat rumah mode.

Pertama yakni Hacker Project yang merupakan kolaborasi antara Gucci dan Balenciaga yang memamerkan koleksi mereka menyambut musim semi 2022 di mana direktur kreatif Alessandro Michele dan Demna Gvasalia, menggabungkan logo khas kedua brand dan mengaplikasikannya dalam koleksi yang unik.

Proyek ini disusul dengan kolaborasi antara Versace dan Fendi, di mana Donatella Versace dan Kim Jones menciptakan lini untuk brand masing-masing pada pra musim gugur 2022.

Selain mashup antara rumah mode, kolaborasi dengan selebriti papan atas tampaknya masih jadi formula andalan brand fesyen seperti Crocs yang bekerjasama dengan Justin Bieber, Diplo dan Bad Bunny.

Ada pula label fesyen MSCHF yang menggandeng Lil Nas untuk sebuah koleksi sepatu kets kontroversial yang diberi nama Satan Shoe.

Di samping itu, Kim Kardashian dengan brand pakaian dalam yang dia dirikan, Skims, memulai kolaborasi pertamanya dengan Fendi.

Berikut ini ulasan kolaborasi fesyen legendaris sepanjang 2021.
 

Lil Nas x MSCHF

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MONTERO (@lilnasx)


Label fesyen MSCHF dan rapper Lil Nas X memulai kolaborasi paling kontroversial tahun ini pada bulan Maret ketika keduanya merilis Satan Shoe, yang merupakan versi konsep ulang dari Nike Air Max 97 yang dirancang untuk menampilkan citra alkitabiah dan setetes darah manusia pada bagian sol sepatu.
 

Versace x Fendi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Versace (@versace)



Donatella Versace dan Kim Jones bekerja sama untuk sebuah kolaborasi yang memadukan etos merek Versace dan Fendi. Para desainer melakukan pertukaran ide kreatif, di mana Jones menciptakan koleksi untuk Versace sementara Versace mengaplikasikan visinya pada Fendi untuk koleksi pra-musim gugur 2022.

Koleksi dari ide kreatif Jones menunjukkan karakteristik Versace yang mewah dengan motif baroque yang ikonik. Sementara Versace menampilkan ciri khas Fendi yang seksi dan elegan pada minidress, gaun shimmery dan denim ala 1970-an.
 

Hacker Project Gucci x Balenciaga

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gucci Official (@gucci)


Gucci dan Balenciaga memulai salah satu kolaborasi terbesar di dunia mode lewat Hacker Project yang memulai debutnya selama musim semi 2022. Iterasi pertama adalah seri Gucci di mana produk Gucci menampilkan logo Balenciaga. Adapun seri Balenciaga dirilis kemudian, menggabungkan motif Gucci dan warna khasnya serta struktur dan gaya Balenciaga.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tips Memilih Pelumas Mobil, Kenali Perbedaan Oli Mineral & Sintetik

BERIKUTNYA

Jangan Galau, Kenali 4 Tanda Gebetanmu Menyukaimu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: