Karat di piringan rem cakram mobil (dok: Toyota Auto2000)

Karat di Piringan Cakram Rem Berbahaya? Simak Penjelasan Ini

27 December 2021   |   09:49 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Hujan masih terus terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Pada mobil yang rutin terkena paparan hujan, salah satu masalah yang terkadang muncul adalah karat di piringan cakram. Tentunya, karat bukanlah hal yang baik bagi logam, tak terkecuali karat pada piringan cakram.

Kepala Bengkel Body and PaintAuto2000 Karawang, Arie Ferdiansyah mengatakan pada dasarnya komponen piringan cakram memang dirancang tak berpelindung karat. Oleh karena itu, komponen tersebut akan mudah berkarat apabila terjadi oksidasi.

"Kenapa lebih mudah berkarat jika diparkir di outdoor dalam beberapa hari? Karena kadar udara di luar lebih banyak mengandung air atau embun dibanding di dalam ruangan atau garasi sehingga akan mudah menempel pada piringan dan membuat oksidasi pada bagian piringan cakram," katanya dikutip dari Toyota Auto2000. 

Meski demikian, menurut Arie, karat tersebut tidaklah berbahaya. Sebab karat hanya menempel pada bagian luar saja, dan tidak akan merusak struktur dan fungsi piringan cakram dari sistem rem.

"Piringan cakram sendiri terbuat dari besi tuang atau cast iron yang sangat padat dan kuat terhadap korosi," ujar Arie.

(Baca juga: Waspada! Inilah 6 Penyebab Rem Mobil Tidak Berfungsi)

Dia mengungkap juga bahwa tak adanya lapisan anti-karat pada permukaan piringan cakram bukan tanpa alasan. Komponen tersebut dibuat tanpa lapisan pelindung karat bagian luar guna mendukung fungsi pengereman kendaraan agar lebih maksimal.

Kini pertanyaannya adalah, bagaimana cara menghindari munculnya karat tersebut? Karena bagaimanapun juga karat akan tetap muncul pada seluruh permukaan piringan cakram karena memang terbuat dari besi yang tidak dilindungi lapisan anti-karat.

Kalian tidak perlu khawatir untuk kendaraan yang aktif digunakan bagian permukaan piringan cakram yang kontak langsung dengan kampas rem akan selalu bersih dan cenderung mengkilap karna selalu terjadi friksi saat rek bekerja.

Kampas rem yang bergesekan langsung dengan piringan rem cakram dengan sendirinya akan mengikis atau membersihkan piringan dari karat yang menempel di permukaan.

"Untuk kendaraan yang tidak aktif digunakan, solusi agar terhindar karat tersebut adalah cukup dengan menjalankan kendaraan beberapa meter saja, karat yang menempel akan bersih dengan sendirinya. Hindari penggunaan cairan pembersih karat karena akan mengurangi fungsi dari piringan cakram tersebut," tutur Arie.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Makin Agresif Tindak Pemain Gim, China Larang Layanan Steam Global

BERIKUTNYA

Kemenkes Laporkan 27 Kasus Baru, Total 46 Orang Positif Omicron di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: