Poster film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, Dear to Me, dan Yuni (Dok. Palari Films, Fourcolours Films, Monica Vanesa Tedja/Instagram)

4 Film Indonesia yang Dapat Penghargaan Internasional pada 2021

22 December 2021   |   21:39 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Laut Memanggilku


Tak hanya film layar lebar, film pendek Indonesia pun berhasil meraih penghargaan internasional di tahun ini. Salah satu film pendek karya Tumpal Tampubolon, Laut Memanggilku, yang berhasil terpilih sebagai Film Pendek Terbaik (Sonje Award) di ajang Busan International Film Festival (BIFF) 2021. Laut Memanggilku menjadi film ketiga dari Indonesia yang berhasil memenangkan penghargaan tersebut.

Laut Memanggilku sendiri berkisah tentang sudut pandang anak kecil yang merasakan kehilangan banyak hal akibat pandemi. Dia merasa rindu akan kehidupan normal mulai dari tatap muka, berjabat tangan, hingga berinteraksi sesama manusia.
 
Karakter tersebut ialah Sura, anak nelayan yang hidup sebatang kara dan menemukan sebuah boneka di pantai. Dia mendapatkan sosok kawan dan pengganti orang tua dari boneka itu. Tetapi, kehangatan itu terancam oleh Argo, yang ingin merenggut boneka itu dari tangan Sura.
 

4. Dear to Me

 

Film pendek berikutnya yang berhasil meraih penghargaan internasional adalah Dear to Me. Film garapan sutradara Monica Vanesa Tedja  ini berhasil memenangkan Best Short and Animated Film di ajang First Step Awards 2021 dan pemutaran premier film di Locarno Film Festival 2021 dalam seksi Open Doors Screenings.

Dear to Me sendiri bercerita tentang WNI bernama Tim yang sedang berlibur bersama orang tuanya di sebuah pulau terpencil. Di pulau tersebut, penduduknya percaya bahwa melihat rusa adalah tanda bertemu jodoh.

Tim sebagai pemuda lajang secara diam-diam berharap dapat melihat rusa yang dimaksud penduduk pulau terpencil tersebut agar orang tuanya bisa bahagia ketika dia mendapatkan jodoh.


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Bakal Jadi Booster, Vaksin Merah Putih Buatan Unair Ditargetkan Rampung Juli 2022

BERIKUTNYA

Istri Pendiri Ciputra Group Dian Sumeler Meninggal Dunia, Ini Profilnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: