Poster film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, Dear to Me, dan Yuni (Dok. Palari Films, Fourcolours Films, Monica Vanesa Tedja/Instagram)

4 Film Indonesia yang Dapat Penghargaan Internasional pada 2021

22 December 2021   |   21:39 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sepanjang 2021 boleh dibilang menjadi tahun yang cukup menantang bagi industri perfilman di Indonesia. Banyak rumah produksi yang terpaksa menunda produksi dan perilisan film karena penutupan sementara bioskop di Tanah Air. Beberapa lainnya berusaha untuk tetap mencoba peruntungan melalui konten-konten di platform streaming OTT.
 
Meski demikian, kondisi tersebut tidak menghalangi para filmmaker menorehkan prestasi bagi industri perfilman di Indonesia. Hal itu ditandai dengan beberapa film karya anak bangsa yang berhasil memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi di kancah internasional.
 
Lantas, film apa saja yang berhasil meraih penghargaan internasional sepanjang 2021? Berikut Hypeabis.id telah merangkumnya.
 

1. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

 

Film adaptasi dari novel Eka Kurniawan dengan judul yang sama ini berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Locarno Film Festival 2021. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas berhasil mendapatkan Golden Leopard, penghargaan tertinggi di ajang tersebut.

Penghargaan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Edwin, sang sutradara, sebab dia merupakan sineas Indonesia pertama yang berhasil memenangkan Golden Leopard.

Selain itu, film ini juga berhasil masuk ke dalam kategori World Focus di Tokyo International Film Festival dan memenangkan Silver Hanoman di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021.
 
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas sendiri bercerita tentang seorang laki-laki bernama Ajo Kawir (Marthino Lio) yang tidak pernah takut berkelahi. Keberaniannya itu muncul karena beberapa alasan salah satunya lantaran dia memiliki masalah impoten.
 
Cerita membawa Ajo bertemu dengan Iteung (Ladya Cheryl) yang menjadi kekasihnya. Namun, tanpa sepengetahuan Ajo, Iteung justru mendapatkan kepuasan dari kawan baiknya yang bernama Budi Baik (Reza Rahadian).

Kisah mereka akan semakin rumit dengan munculnya sosok Jelita (Ratu Felisha) di kehidupan Ajo yang berhasil membangkitkan gairahnya.

 

 2. Yuni

 

Sebelum rilis di layar bioskop Tanah Air, film Yuni sendiri telah tayang di beberapa festival internasional di berbagai negara seperti Australia, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Italia.

Film besutan Kamila Andini ini juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan internasional yakni Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021, Silver Hanoman di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021, dan nominasi Achievement in Directing di Asia Pacific Screen Awards.

Selain itu, film Yuni juga akan mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar 2022 untuk seleksi di kategori Best International Feature Film.
 
Film Yuni berkisah tentang Yuni, seorang gadis remaja cerdas dengan impian besar untuk kuliah. Ketika dua pria yang hampir tak dikenalnya datang melamar, dia menolak lamaran mereka.

Penolakan itu memicu gosip tentang mitos bahwa seorang perempuan yang menolak lamaran tiga kali tidak akan pernah menikah. Tekanan semakin meningkat ketika pria ketiga melamarnya, dan Yuni harus memilih antara mempercayai mitos atau mengejar impiannya.


(Baca juga: 5 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak Sepanjang 2021)
 
1
2


SEBELUMNYA

Bakal Jadi Booster, Vaksin Merah Putih Buatan Unair Ditargetkan Rampung Juli 2022

BERIKUTNYA

Istri Pendiri Ciputra Group Dian Sumeler Meninggal Dunia, Ini Profilnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: