Pose sphinx yang dapat mengatasi sakit pinggang (dok. Pexels)

Intip 5 Cara Peregangan Untuk Atasi Sakit Pinggang

19 December 2021   |   18:41 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Nyeri pada pinggang atau area tulang belakang sungguh sangat menyakitkan. Apalagi ketika nyeri diiringi sesak napas saat kita bangkit dari tidur atau duduk. Tentu, kondisi ini sangat menganggu aktivitas karena bisa berangsur berhari-hari. 

Kendati demikian mengutip Healthline, ada beberapa peregangan yang dapat membantu kita mengurangi rasa sakit dan memperkuat otot-otot di pinggang loh Genhype, berikut di antaranya : 
 

1. Pose Anak

Pose yoga tradisional ini dengan lembut meregangkan gluteus maximus, otot paha, dan ekstensor tulang belakang. Ini membantu meredakan rasa sakit dan ketegangan di sepanjang tulang belakang, leher, dan bahu. Efek relaksasinya pada tubuh juga membantu mengendurkan otot punggung bawah yang kencang, meningkatkan fleksibilitas dan sirkulasi darah di sepanjang tulang belakang.

Seperti pose sujud, hanya saja tangan direntangkan ke depan, tetapi tetap menapak ke lantai. Kemudian tempelkan perut di paha. Μulai lah fokus menarik nafas dalam-dalam dan merilekskan area yang tegang atau sesak. Tahan pose ini hingga 1 menit.

Kamu juga bisa meletakkan handuk yang digulung di atas atau di bawah paha. Jika lebih nyaman, lebarkan lutut dan sandarkan dahi di atas bantal.
 

2. Pose Sphinx


Pose sphinx ini dapat meregangkan dan memperkuat tulang belakang, bokong, dan dada. Untuk melakukannya, pertama-tama berbaring tengkurap dengan siku di bawah bahu dan tangan terentang di depan, telapak tangan menghadap ke bawah. Regangkan kaki kamu sedikit.

Libatkan punggung bagian bawah, bokong, dan paha dengan lembut saat kamu mulai mengangkat kepala dan dada. Saat area dada dan kepala terangkat, mulai bernapas dalam-dalam.

Tekan panggul ke lantai, tatap lurus ke depan atau tutup mata dengan lembut. Tahan pose ini selama 30 detik hingga 1 menit.
 

3. Cat-cow

Pose ini sangat baik untuk membangunkan tulang belakang seraya meregangkan bahu, leher, dan dada. Ikuti pose seperti bayi akan merangkak. Dalam kondisi statis, perlahan tekan badan ke bawah saat menarik napas dan kepala menengadah ke atas. Kemudian buang napas seraya tekan punggung ke atas dan selipkan dagu ke dada. Lakukan ini selama 1 hingga 2 menit.
 

4. Peregangan lutut ke dada

Peregangan ini melemaskan pinggul, paha, dan otot-ototnya. Untuk melakukan peregangan ini coba berbaring telentang dengan kedua lutut ditekuk dan telapak kaki rata di lantai.

Jaga agar lutut kiri tetap tertekuk atau rentangkan lurus di lantai. Tarik lutut kanan ke dada, pegang tangan di belakang paha atau di bagian atas tulang kering.

Perpanjang tulang belakang sampai ke tulang ekor, dan hindari mengangkat pinggul. Bernapaslah dalam-dalam dan usahakan rileks. Tahan pose ini selama 30 detik hingga 1 menit. Ulangi dengan kaki satunya ya.
 

5. Peregangan piriformis

Peregangan ini melatih otot piriformis, otot yang terletak di bokong. Peregangan otot ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan sesak di bokong dan punggung bagian bawah.

Untuk melakukan peregangan piriformis, berbaring telentang dengan kedua lutut ditekuk dan telapak kaki rata di lantai. Tempatkan pergelangan kaki kanan di pangkal paha kiri.

Kemudian, letakkan tangan di belakang paha kiri dan tarik ke arah dada hingga kamu merasakan regangan. Tahan posisi ini selama 30 detik hingga 1 menit. Lakukan sisi sebaliknya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

DKJ Umumkan Pemenang Sayembara Manuskrip Puisi 2021, Ini Hasilnya

BERIKUTNYA

Begini Kata Juri soal Karya-karya Pemenang Sayembara Manuskrip Puisi DKJ 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: