Ilustrasi nyeri punggung (dok: Unsplash/Toa Heftiba)

Jangan Sepelekan Nyeri Punggung, Lakukan 4 Cara Ini untuk Mengatasinya

15 September 2021   |   06:21 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Apakah kalian kerap  mengalami nyeri punggung bagian bawah? Jika iya, maka jangan dibiarkan. Karena hal ini bisa mengganggu aktivitas bahkan menyebabkan cedera akut yang mengarah pada artritis.

Untuk mengatasinya situs  kesehatan healthline.com mengatakan kalau ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah rasa sakit ini. Langsung saja kita simak cara-cara yang bisa kalian lakukan agar nyeri punggung bagian bawah bisa teratasi dan tidak mengganggu aktivitas kalian;

1. Mengompres Pinggang
Jika kalian baru mengalami rasa sakit ini untuk pertama kali maka pertolongan pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengompres dengan air es atau kompres panas selama 24 hingga 48 jam. Untuk penggunaan kompres dingin kalian bisa menggunakan es batu atau es serut, kemudian masukan ke dalam kantong plastik.

Lalu letakkan es pada bagian yang sakit dan kemudian yang panas. Namun, sebelum menggunakannya pastikan untuk meletakan es pada kain pelindung, agar tidak menyentuh kulit secara langsung. Oleskan selama 10 menit setiap merasa sakit, serta beri selang waktu antara keduanya.

Saat mengaplikasikan air panas jangan menyentuhkan langsung dengan kulit, masukan ke dalam bantal pemanas terlebih dahulu. Jangan menggunakannya sepanjang malam karena tidak baik untuk kulit.

2. Melakukan akupunktur
Institut Nasional Gangguan Neurologis dan Stroke, mengungkapkan akupuntur Tiongkok kuno merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi nyeri punggung loh! Cara kerjanya sendiri adalah dengan memulihkan energi pada tubuh dengan memasukan jarum kecil.

Pada awalnya mungkin ini menakutkan tapi ternyata memberikan banyak manfaat lainnya di samping mengurangi nyeri punggung bawah, seperti mengatasi migrain, meredakan radang sendi, mengatasi obesitas, hingga berfungsi sebagai anti aging.

3. Menata ruang kerja
Rasa nyeri biasanya muncul pada orang yang sering duduk terlalu lama di belakang meja seperti para pekerja kantor. Sehingga karena alasan inilah kamu harus mengevaluasi kembali furniture seperti meja, dan terutama kursi kantor yang digunakan hampir 8 jam dalam sehari.

Ada baiknya untuk memilih perabotan yang ergonomis, serta membantu untuk menjaga postur tubuh tetap terjaga. Selain perhatikan juga posisi duduk yang benar agar terhindar dari nyeri punggung, misalnya dengan menghindari menyimpan barang pada area yang terlalu jauh.

Faktor lainnya yang harus kalian perhatikan adalah kaki harus sejajar dengan lutut, sekaligus sejajar dengan pinggul. Jika ingin lebih nyaman kamu bisa menambahkan bantal atau handuk yang diletakan pada lekukan punggung bagian bawah.

Terakhir letakan monitor komputer pada jarak yang tepat yaitu berjarak sekitar satu lengan dari kursi, dengan bagian atas layar hanya sedikit di bawah ketinggian mata.

4. Vitamin untuk kesehatan tulang
Salah satu penyebab mengapa kamu mengalami nyeri punggung bawah ada beberapa faktor seperti posisi duduk yang tidak baik, hingga kelebihan berat badan. Untuk mengatasinya konsumsi nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan tulang optimal dan kuat misalnya kalsium, sereal, jus jeruk, oatmeal, sayuran hijau. Tambahkan juga menu makanan dengan fosfor tinggi seperti keju, susu, kacang maupun yogurt.

Semoga setelah membaca informasi ini kamu bisa mengurangi bahkan mencegah rasa sakit pada bagian tubuh belakang lebih mudah ya Genhype. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Jakarta x Berlin Kolaborasi Program Designers Lab

BERIKUTNYA

Akhirnya, Apple Rilis Empat Smartphone iPhone 13 Series

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: