The Polar Express merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa (Sumbre gambar: tangkapan layar laman WarnerBros)

4 Film Bertema Natal Ini Terbaik Sepanjang Masa

25 December 2022   |   15:34 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Menonton film adalah salah satu kegiatan yang kerap dilakukan oleh banyak orang saat mengisi libur Natal. Setiap tahun selalu muncul karya film baru yang dirilis khusus pada momen perayaan ini, tetapi ada sejumlah film lama yang ikonik dan selalu ditayangkan di berbagai televisi nasional pada momen akhir tahun tersebut.

Di antara film-film yang bertemakan Natal tersebut, terdapat karya yang tidak dapat dilupakan oleh para pencinta film lantaran memiliki cerita yang menarik sekaligus menghibur.

Baca juga: 6 Rekomendasi Film yang Cocok Buat Movie Marathon Akhir Tahun

Nah untuk mengisi kegiatan libur Natal 2022, berikut sejumlah film bertema Natal terbaik sepanjang masa yang dapat kembali dinikmati.


1. The Nightmare Before Christmas

Film pertama yang wajib masuk dalam daftar film yang akan ditonton untuk mengisi libur Natal tahun ini adalah The Nightmare Before Crhristmas. Film garapan sutradara Henry Selick ini memiliki rating 7,9 dari 10 dengan 343.000 pengguna akun IMDb yang memberikan rating.

Film ini bercerita tentang Jack Skellington, yakni raja Kota Halloween. Dia menemukan sebuah kota Natal. Namun, upaya Jack membawa Natal ke dalam rumah menyebabkan kebingungan.

Film animasi yang rilis pada 1993 itu memiliki pengisi suara Danny Elfman, Chris Sarandon, Cahterine O’Hara, dan sebagainya. Film ini juga tercatat pernah menjadi nominasi dan memenangkan banyak penghargaan.

Salah satu penghargaan yang pernah diraih adalah Academy of Science Fiction, Fantasy, & Horror Films, Amerika Serikat, pada 1994. Pada saat itu, film ini menang kategori film fantasi terbaik atau best fantasy film. Sementara di ajang Piala Oscar, The Nightmare Before Christmas masuk dalam nominasi best effect, visual effect.


2. Home Alone

Film lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk mengisi liburan periode Natal tahun ini adalah Home Alone. Film yang rilis pada 1990 itu memiliki rata-rata rating 7,7 dari 10 dengan pemberi rating sebanyak sekitar 580.000 pengguna IMDb.

Film yang mendapatkan arahan dari sutradara Chris Columbus itu bercerita tentang anak berusia delapan tahun pembuat onar. Sang anak pun tanpa sengaja tertinggal di rumah sendirian, dan harus mempertahankan rumah yang ditinggali dari pencuri yang beraksi pada malam natal.

Film yang diperankan oleh Macaulay Culkin, Joe Pesci, Daniel Stern, dan sebagainya itu masuk dalam dua nominasi Piala Oscar untuk kategori best music, original song dan best music, original score. Tidak hanya itu, film ini juga secara keseluruhan telah memenangkan 11 penghargaan.

Film ini menjadi pemenang British Comedy Awards pada 1991 di kategori film komedi terbaik. Kemudian juga meraih penghargaan di ajang American Comedy Awards, pada tahun yang sama di kategori funniest actor in a motion picture.


3. Elf

Elf adalah film lain yang dapat menjadi pilihan untuk mengisi libur Natal 2022. Film garapan sutradara Jon Favreau ini mendapatkan rata-rata rating 7,0 dari 10 di laman IMDb dengan pemberi nilai mencapai sekitar 277.000 pengguna IMDb.

Film yang rilis pada 2003 bercerita tentang seorang peri besar bernama Buddy. Dia melakukan perjalanan dari Kutub Utara ke New York untuk bertemu ayah kandung, yakni Walter Hobbs. Sang ayah tidak tahu tentang kehadiran Buddy dan sangat membutuhkan semangat Natal.

Film yang diperankan oleh Will Farrell, James Caan, Bob Newhart, dan sebagainya ini telah memenangkan dua penghargaan dan tujuh nominasi. Penghargaan yang berhasil dimenangkan antara lain ASCAP Film and Television Music Awards 2004 kategori Top Box Office Films.


4. The Polar Express

Film terbaik sepanjang masa lainnya yang tidak boleh dilewatkan untuk mengisi libur Natal 2022 adalah The Polar Express. Film yang rilis pada 2004 tersebut adalah film yang bercerita tentang seorang anak laki-laki yang memulai petualangan ajaib ke Kutub Utara di Polar Express pada malam natal.

Sambil berpetualang, anak laki-laki belajar banyak hal, seperti tentang persahabatan, keberanian, dan semangat Natal. Film yang dibintangi oleh Tom Hanks itu memiliki rata-rata rating 6,6 dari 10 dengan sekitar 214.000 pengguna akun IMDb yang memberikan penilaian.

Baca juga: Liburan di Rumah Aja? Cek 5 Rekomendasi Film Bertema Natal Ini

Di Piala Oscar, The Polar Express masuk nominasi untuk tiga kategori, yakni Best Achievement in Sound Editing, Best Achievement in Sound Mixing, dan Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Song.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Planet Gadget Buka Peluang Kemitraan, Segini Investasi & Proyeksi Omzetnya!

BERIKUTNYA

Apa itu Pecah Pembuluh Darah? Yuk Simak Penjelasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: