Fashion Designer & Home Cook Mami Andhita Siswandi dalam acara workshop di Bisnis Muda Day, Jakarta, Senin (31/5/2021). (Sumber: Hypeabis/Eusebio Chrysnamurti)

Kreasi Menu Beef Stew ala Andhita Siswandi Ini Cocok Untuk Dijual Loh, Tertarik?

31 May 2021   |   17:32 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kalau GenHype pernah nonton film Julie & Julia, kalian pasti kenal menu Boeuf Bourguignon yang jadi salah satu resep ikonik dari chef Julia Child. Boeuf Bourguignon adalah menu stew atau rebusan daging yang dimasak berjam-jam dengan red wine.

Sensasi rasa yang kompleks dengan tekstur daging serta sayuran yang lembut menjadikan makanan yang merupakan resep khas Prancis ini banyak dinikmati di restoran-restoran mewah.

Tapi sekarang sudah banyak alternatif resep yang telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, salah satunya adalah resep kreasi dari perancang fesyen, Andhita Siswandi, yang belum lama ini berkiprah di dunia kuliner dengan lini bisnis Home Cook Mami.

Resep yang dia beri nama Imperfect Beef Stew Puff itu kurang lebih memiliki konsep yang sama dengan resep Boeuf Bourguignon buatan Julia Child. Hanya saja dia menambahkan puff pastry di atasnya sebagai pelengkap.

Proses memasak Imperfect Beef Stew Puff ala Andhita Siswandi. (Dok. Bisnis Muda)

Proses memasak Imperfect Beef Stew Puff ala Andhita Siswandi. (Dok. Bisnis Muda)
 

"Bagi saya memasak itu adalah cara untuk refreshing dari pekerjaan harian yaitu sebagai perancang. Saya sayang dengan kedua bidang ini meskipun pada awalnya memasak bukan keahlian saya," tutur Andhita, pada sesi workshop Bisnis Muda Day 'Inspirasi Menu Jualan Anti Mainstream,' Senin (31/5).

Selain sibuk dengan profesinya sebagai perancang, ibu empat anak ini sekarang juga sedang mencoba peruntungan di YouTube - Home Cook Mami - di mana dia secara berkala berbagi konten resep masakan.

Memulai bisnis rumahan tentu tidak mudah, apalagi ini bidang yang sama sekali baru dan tidak begitu dikuasai awalnya.

Namun Andhita berupaya untuk menemukan nilai tambah dari hobi barunya ini yakni memasak.
 
Salah satu kreasi resep yang populer di kalangan para followersnya adalah Lemper Serundeng. Saking ramainya pesanan, Andhita harus menerapkan sistem pre-order yang hanya dia buka dua kali setiap tahunnya.

Resep ini dia kembangkan bersama ibu dan adiknya.

Dalam membangun bisnis kuliner rumahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu yang terpenting adalah memilih menu agar tidak monoton dan punya keunikan dibanding dengan jenis makanan yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Untuk memulai bisnis kita juga perlu menemukan vendor atau pemasok bahan baku yang dapat dipercaya dan menawarkan harga terbaik. Jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan modal masing-masing.

"Kualitas itu tidak bisa ditoleransi, kalau benar-benar ingin serius memulai bisnis kuliner carilah vendor terbaik, mulai dengan sistem pre-order dan tentukan minimum pembelian. Cara ini akan sangat menguntungkan bagi pemula," ungkap Andhita.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah inovasi menu. Eksplorasi dapat dilakukan dengan eksperimen, banyak-banyak eksplorasi resep video-video masak atau ikut kursus/workshop memasak.

Nah, GenHype sudah punya belum calon menu yang akan kalian jual nanti? Kalau masih galau, resep Imperfect Beef Stew Puff dari Andhita ini cocok jadi salah satu menu andalan yang bisa kalian kreasikan.

Selamat mencoba!

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ini 6 Efek Negatif FOMO Bagi Kehidupan, Simak Yuk Sebelum Kalian Terpapar

BERIKUTNYA

Ternyata Bukan Cuma Hanya Papeda, Lebih dari 10 Makanan Bisa Dibuat dari Sagu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: