Ilustrasi cendol (Bady Abbas - Unsplash)

Ternyata Bukan Cuma Hanya Papeda, Lebih dari 10 Makanan Bisa Dibuat dari Sagu

31 May 2021   |   17:59 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

GenHype sudah tahu belum kalau ternyata sagu itu bisa dikreasikan ke berbagai macam jenis hidangan bahkan sangat mungkin untuk dijadikan makanan pokok alternatif.

Selama ini masyarakat Indonesia sangat bergantung dengan beras dan tepung sebagai bahan makanan pokok dan ketika terjadi kelangkaan, ketahanan pangan kita tentu terganggu.

Nah, pada saat yang sama, Indonesia juga merupakan 'rumah' bagi tumbuhan sagu. Kementerian Pertanian pada Oktober 2020 lalu mencatat kalau Indonesia punya lahan sagu terluas di dunia.

Dari 6,5 juta hektar lahan sagu di seluruh dunia, sebesar 5,4 juta hektar berada di Indonesia dan lebih dari 95% terfokus di wilayah Papua , sekitar 5,3 juta hektar.

Menurut Head of Commercial Sago & Edamame ANJ Group Nelda Hermawan, sumber daya ini belum banyak didayagunakan untuk menjadi bahan makanan pokok alternatif agar ketahanan pangan kita maju dan tidak bergantung terus dengan beras dan tepung.

Terlebih lagi, sagu ternyata punya lebih banyak manfaat jika dibandingkan dengan dua bahan makanan pokok lainnya.
 

Head of Commercial, Sago & Edamame, ANJ Group Nelda Hermawan (kiri) dan General Manager PT Navigator Informasi Sibermedia Arnis Wigati (kanan) membahas tentang ragam kreasi sagu pada workshop Bisnis Muda Day. (JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Head of Commercial, Sago & Edamame, ANJ Group Nelda Hermawan (kiri) dan General Manager PT Navigator Informasi Sibermedia Arnis Wigati (kanan) membahas tentang ragam kreasi sagu pada workshop Bisnis Muda Day. (JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)
 

"Pati sagu yang diolah secara modern mengandung sekitar 85% karbohidrat dan sebagai makanan pokok fungsional, sagu bebas gluten," ungkap Nelda, pada workshop Bisnis Muda Day, Inspirasi Menu Jualan Anti Mainstream, Senin (31/5).

Selain itu, pati sagu merupakan jenis pati tahan cerna yang  lolos dari pencernaan dan penyerapan di usus kecil kemudian langsung menuju usus besar.

Pati tahan cerna juga bersifat prebiotik dan berindeks glikemik rendah sehingga bermanfaat untuk menjaga gula darah, menjaga kadar kolestrol sehat dan mencegah kanker kolon.

Setidaknya ada lebih 10 kreasi menu makanan yang bisa GenHype kreasikan dengan sagu, seperti:
1. Mie sagu
2. Bakso sapi sagu
3. Pangsit sagu
4. Pempek dengan pati sagu

Ada pula beberapa resep tradisional yang ternyata awalnya dibuat dengan tepung sagu:
1. Otak-otak
2. Burgo atau berego (makanan khas Belitung)
3. Cendol

Sagu juga mulai banyak digunakan untuk menu makanan yang lebih modern, di antaranya:
1. Sago pancake
2. Sago brownies
3. Sago crepes
4. Sago churros
5. Sago boba latte aren
6. Fish and chips
7. Sago cheese flatbread
8. Sago lasagna
9. Kerupuk getas
10. Cheese stick sagu
11. Sagu cheese cookies

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kreasi Menu Beef Stew ala Andhita Siswandi Ini Cocok Untuk Dijual Loh, Tertarik?

BERIKUTNYA

Ini Cara Membedakan Kebutuhan & Keinginan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: