Ilustrasi putusnya sebuah hubungan. (Dok. Freepik)

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Mengakhiri Hubungan

18 December 2021   |   16:10 WIB

Pada titik tertentu, sebuah hubungan dapat mengalami ujian, sehingga seseorang terpikir untuk memutuskannya. Bertanya kepada teman dekat atau keluarga untuk meminta saran atau berkeluh kesah tentu bisa dilakukan, tapi pada akhirnya Genhype yang lebih paham akan keputusan ini.

Memutuskan mengakhiri adalah sesuatu yang harus dipikirkan dengan matang agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Kepada Her World, Cherlyn Chong yang merupakan pakar hubungan dari Steps of Happyness di Singapura, berbagi empat hal harus ditanyakan kepada diri sendiri sebelum membuat keputusan akhir tentang sebuah hubungan.


1. Perasaan yang memicu sebuah hubungan


Sebuah hubungan tentu dibangun dengan adanya perasaan yang muncul dari orang-orang di dalamnya. Kadang ada kalanya di mana perasaan itu hilang karena adanya prioritas dan kesibukan meski hal tersebut bisa dibangun kembali jika mereka memiliki keinginan untuk membangun kembali.

Tapi, jika salah satu atau kedua orang di dalam hubungan justru tidak merasakan lagi perasaan tersebut dan merasa bahwa tidak ada lagi stimulasi perasaan yang bisa mengembalikan kehilangan tersebut, maka bisa jadi ini waktunya untuk mengakhirinya.


2. Dampak buruk dari pasangan


Sebuah hubungan memiliki dampak tertentu bagi masing-masing orang yang terlibat di dalamnya, baik itu hal baik maupun hal buruk. Ketika salah satu orang yang merasa selalu cemas dan lelah secara emosional, ini tandanya untuk mempertimbangkan kembali tentang hubungan tersebut.

Bisa jadi, hubungan tersebut cenderung berpotensi kurang baik. Beberapa ciri yang umum muncul adalah kurangnya dukungan emosional, kenyamanan, dan kejujuran dalam hubungan yang kemudian memicu kecemasan dan keputusan untuk mengakhirinya.

(Baca juga: Red Flag, Kriteria Personal atau Universal? Ini Kata Psikolog)


3. Penghargaan kepada dan dari pasangan

Fondasi dasar dari sebuah hubungan adalah rasa penghargaan atau hormat. Jika pasangan tidak menunjukkan sikap saling menghormati, maka ini bisa jadi lampu merah di masa yang akan datang terutama ketika Genhype mulai berpikir untuk menjalin sebuah hubungan yang diteruskan hingga di tahap pernikahan dan berkeluarga.


4. Keseriusan dalam hubungan


Ada beberapa alasan dan tujuan akhir seseorang ketika menjalani sebuah hubungan. Namun, sering kali tujuan ini bisa jadi tanda dari bagaimana hubungan tersebut diarahkan ke mana sehingga perlu adanya keseriusan dalam sebuah hubungan. 

Kadang bisa saja Genhype menemukan pasangan yang tepat dan sesuai dengan tujuan akhir dari hubungan tersebut, tapi ada juga waktu lain di mana orang yang berada dalam sebuah hubungan justru bukan orang yang tepat.

Jika merasa bahwa pasangan saat ini tidak sesuai, ini bisa jadi alasan untuk melepasnya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ekonomi Sirkular Dianggap Dapat Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

BERIKUTNYA

Minho SHINee Hadirkan Rasanya Sakit Hati dalam Single Heartbreak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: