Karya-karya dari para pemenang NFT Art Prized Moments 2021 (Dok. Art Moments Jakarta)

Keren, Ini 4 Karya Pemenang NFT Art Prized Moments 2021

13 December 2021   |   15:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Art Moments Jakarta Online hadir kembali dengan serangkaian kegiatan daring dan luring. Pada tahun keduanya, pagelaran seni ini mengadakan NFT Art Prized Moments 2021, sebagai kompetisi NFT Art pertama di Asia Tenggara, yang menggunakan Blockchain Tezos. 

Kompetisi ini terbuka bagi seluruh kalangan seniman yang telah dimulai sejak tanggal 30 Oktober hingga 30 November 2021 dengan mengusung tema “waktu” sebagai latar belakang karya.

Head of Growth Tezos APAC, David Tng, mengatakan industri teknologi BlockChain mengalami perkembangan cukup pesat, salah satunya adalah Non-Fungible Token (NFT) yang saat ini tengah menarik perhatian dunia dan menjadi jawaban bagi seniman digital art.

NFT didefinisikan sebagai token yang merupakan bukti kepemilikan sah dari sebuah aset digital seperti audio, video, ilustrasi, animasi hingga grafis. NFT memiliki karakteristik yang unik, orisinal, dan langka, sehingga tidak dapat dipertukarkan sebab telah tersimpan di buku besar digital.

“Hal inilah yang menjadikan karya seni digital sebagai salah satu jenis aset baru yang menjadi tren di industri global,” ujar David.
 

Pemenang dan para pembicara di acara Konferensi Pers Virtual

Pemenang dan para pembicara di acara Konferensi Pers Virtual NFT Art Prized Moments 2021 (Dok. Art Moments Jakarta)

Seleksi 10 finalis terbaik NFT Art Prized Moments 2021 telah dilakukan pada 1 sampai 6 Desember 2021 oleh para juri yang kompeten yaitu Detty Wulandari (Kolektor Seni NFT), Khai Hori (Kurator Senior sekaligus presiden Art Galleries Association of Singapore), dan Prasajadi (NFT Artist sekaligus founder MetaRupa).

“Kami sangat apresiasi seluruh finalis yang sudah tiba di tahap 10 besar ini. Art Moments Jakarta tentu bangga bisa menghadirkan kompetisi NFT pertama di Indonesia, serta berkontribusi dalam melahirkan seniman digital melalui karya NFT yang luar biasa,” ujar Sendy Widjaja selaku Operations Director of Art Moments Jakarta.

Adapun, Art Moments Jakarta Online sendiri tengah berlangsung pada 22 November hingga 21 Desember 2021 yang dapat diakses melalui situs resmi Art Moments Jakarta. Sementara pameran seni NFT digelar pada 10 sampai 18 Desember 2021 di ISA Art & Design, Wisma BNI 46 Jakarta yang terbuka untuk umum.

Berikut adalah daftar pemenang NFT Art Prized Moments 2021.

1. Juara Pertama: Muhammad Sabiq Hibatulbaqi - “Melancholy of Doubt and Fear”.
Filosofi: Rasa ragu dan takut selalu ada. Bertanya-tanya apakah waktu bisa menghilangkan perasaan itu atau malah waktu yang menghasilkan perasaan itu? Waktu yang selalu menghantui Anda.

2. Juara Kedua: Dom Raditya -  “Meet My Self”
Filosofi: Jika Anda dapat memutar waktu, apa yang ingin anda katakan kepada diri Anda sewaktu muda?

3. Juara  Ketiga: Fauzi Raisyuli - “We're all made of time”
Filosofi: Seorang anak kecil dari mimpi bertanya padaku yang mana yang diciptakan lebih dulu? Manusia atau waktu? Aku terdiam dengan pertanyaan itu, aku tidak bisa menjawabnya sekarang tapi aku percaya kita diciptakan oleh waktu.

4. Juara Predikat People’s Choice: Ferdinan Linardi - “Metamorphosis”
Filosofi: Berdasarkan kisah nyata, 'Metamorphosis' menghadirkan perjalanan audio visual metaforis tentang kehadiran waktu dan harapan dari sudut pandang seorang pemuda 23 tahun yang hidup dengan alat bantu jalan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Punya 4 Tanda Ini? Kamu Mungkin Punya Sindrom Karakter Utama

BERIKUTNYA

Catat Tanggalnya, Drama Snowdrop Akan Tayang pada 18 Desember 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: