Untitled (Self Portrait)- Andy Warhol (Dok. The Andy Warhol Foundation)

Wow! 5 Karya Unik NFT Andy Warhol Terjual Hampir US$3,4 Juta di Rumah Lelang Christie

28 May 2021   |   19:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah berhasil melelang seni Portrait NFT CryptoPunks belum lama ini, rumah lelang Christie bekerja sama dengan The Andy Warhol Foundation melelang lima karya NFT monumental dan unik dari koleksi Andy Warhol: Machine Made dengan total penjualan hampir US$3,4 juta.

Penjualan tersebut menarik partisipan dari Asia, Eropa, dan Amerika Serikat dengan jumlah partisipan yang hampir sama banyaknya dari beberapa karya seni yang dilelang untuk penjualan NFT di rumah lelang Christie.

Penawaran untuk masing-masing NFT yang dilelang pada partisipan mencapai puncaknya pada saat-saat terakhir penjualan. Setiap lot yang ditutup, diperpanjang beberapa kali untuk mengakomodasi lebih dari 200 tawaran dalam 24 jam terakhir penjualan. Hasilnya, partisipan dari Amerika Serikat, Eropa, dan Asia masing-masing berhasil mendapatkan karya tersebut.

Andy Warhol: Machine Made (Dok. The Andy Warhol Foundation)
 

Andy Warhol: Machine Made (Dok. The Andy Warhol Foundation)
 

Diketahui, tawaran awal untuk masing-masing karya NFT ditetapkan sebesar US$10.000.

Kesuksesan tersebut sekali lagi menegaskan status Andy Warhol sebagai raja Pop Art, yang saat ini dalam bentuk seni fisik dan digital. 

“Kami sangat gembira melihat hasil yang begitu kuat untuk NFT bersejarah The Andy Warhol Foundation. Penjualan ini dengan jelas menggambarkan jembatan yang dibangun Christie antara kolektor seni tradisional dan digital,” kata Spesialis Seni Pasca Perang & Kontemporer Christie Noah Davis.

Dibuat pada tahun 1985, gambar ‘Amiga Andy Warhol tersebut direstorasi dengan cermat dari floppy disk usang pada tahun 2014 lalu.

Untuk penjualan Christie, The Andy Warhol Foundation secara eksklusif mencetak lima NFT unik yang mengarah pada file yang direstorasi dan diawetkan dari proyek tahun 2014 lalu. 

Selain untuk mendukung gerakan pengurangan emisi karbon dari proses pencetakan karya, hasil dari penelitian ini juga akan mendukung inisiatif pemberian hibah dari yayasan Andy Warhol termasuk pendanaan tahunan bagi Museum Andy Warhol dan upaya berkelanjutan untuk mendukung seniman di seluruh negeri.

Belum dapat dipastikan kapan karya NFT yang lain dari Andy Warhol akan dicetak, sehingga penjualan ini menjadi peluang yang cukup langka bagi para kolektor.

“Kami berterima kasih atas kesempatan kerja sama dengan Christie dalam memberikan kontribusi yang signifikan pada upaya berkelanjutan yayasan untuk mendukung seniman,” kata Direktur Perizinan, Pemasaran, dan Penjualan The Andy Warhol Foundation Michael Dayton Hermann.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Mulai Tayang Hari Ini, Simak Sinopsis Film Till Death Do Us Part

BERIKUTNYA

Kangen Makanan Thailand? Ada yang Baru Nih dari YumYum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: