Ilustrasi (Photo by Spacejoy on Unsplash)

Gantikan Konsep Industrial, 5 Desain Interior Ini Bakal Populer pada 2022

13 December 2021   |   12:52 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sempat digandrungi para desainer interior, konsep industrial yang sering kita lihat dua tahun terakhir diperkirakan bakal tergantikan dengan elemen natural. Gaya open space serta palet warna abu-abu yang banyak diadaptasi dalam rumah juga akan ditinggalkan pada 2022.

Ahli konstruksi dan CEO Loftera, Zac Houghton, menyampaikan bahwa sejak pandemi melanda, orang-orang mulai berpikir untuk kembali memberi sekat pada ruang-ruang di dalam rumah. 

"Pada akhirnya, kurangnya privasi menyebabkan kurangnya fungsionalitas," ujarnya seperti dilansir Insider.

Rumah yang memiliki ruang terbuka mungkin akan menambahkan beberapa pemisah dengan menggunakan pembatas dinding dan bentuk privasi lainnya.

Desainer dan pemilik rumah juga mulai menunjukkan minatnya untuk warna yang lebih hidup pada elemen dalam ruangan dengan motif bunga-bunga serta penempatan tanaman di dalam rumah yang bahkan sudah jadi tren belakangan ini.

Berikut adalah lima tren desain interior yang bakal populer di 2022.


1. Motif bunga banyak diminati


Saat ini, motif bunga menjadi pusat perhatian. Menurut Mark Cutler dan Nichole Schulze, pendiri perusahaan desain Cutlerschulze, motif bunga dapat dililhat dalam berbagai bentuk seperti wallpaper.

Selain itu, makin banyak kain motif bunga yang bermunculan. Alasannya, mereka percaya bahwa orang mencari kegembiraan dan tidak ada yang memberikan efek bahagia seperti warna dan motif bunga.


2. Aksen hitam yang modern


Dari segi detail pada desain interior, warna hitam diperkirakan akan membuat terobosan. Warna ini terlihat elegan dan modern, plus cocok dengan banyak spektrum warna lainnya sehingga mudah dipadu-padankan dengan berbagai furnitur.

"Warna yang harus diperhatikan pada 2022 untuk semua aksen rumah adalah hitam. Kita akan melihat bingkai jendela, trim, pintu, perangkat keras kabinet, faucet, dan kusen pintu berwarna hitam," kata Autumn Stankovsky, desainer interior di Floor360.
 

3. Bentuk bulat berikan suasana yang lebih nyaman


Setiap bentuk memberikan berkontribusi pada tema dan suasana ruangan yang berbeda dan di masa depan, kita mungkin akan melihat lebih banyak bentuk bulat pada desain interior.

Diperkirakan akan ada lebih banyak bentuk bulat pada furnitur, pencahayaan, dan dekorasi rumah di tahun mendatang karena bentuk bulat organik menambah kelembutan pada desain dan memberikan suasana yang lebih menenangkan pada ruangan.


4. Interior yang terinspirasi alam


Lockdown memicu pemilik rumah mencoba menemukan lebih banyak cara untuk membawa alam ke dalam ruangan. Sekarang orang-orang telah menganut gaya hidup di luar ruangan (outdoor-living), mereka menyadari bahwa mereka tidak dapat menghabiskan waktu 24/7 di luar.

Pendekatan paling sederhana yang mungkin dilakukan adalah dengan menggunakan lebih banyak nuansa hijau di dekorasi rumah, bisa dengan cat atau kain. Kain berpola flora dan fauna juga makin populer dan kita dapat meningkatkan tampilan dengan bahan alami dan tanaman hidup.


5. Wallpaper masih jadi pilihan populer


Memasang wallpaper di dinding rumah merupakan salah satu cara termudah untuk memberikan nuansa baru tanpa harus mengubah penampilan ruangan secara permanen. Kita dapat menemukan hampir semua warna dan motif wallpaper untuk tiap ruangan.

Pada 2022, popularitas wallpaper diperkirakan akan terus meningkat, apalagi untuk wallpaper berbahan dasar serat alami (grasscloth) mengalami lonjakan terbesar sejak masa kejayaannya di tahun 1960-an dan 1970-an.


Selain kelima tren itu, warna hijau juga disebut akan makin populer. Hal ini karena setelah sekian lama terjebak di rumah, orang-orang mulai tergerak untuk mengganti pemandangan di dalam rumah. Warna hijau yang menyejukkan akan populer di tahun 2022 baik digunakan sebagai cat dinding maupun dekorasi.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Harnaaz Kaur Sandhu dari India Jadi Pemenang Miss Universe 2021

BERIKUTNYA

Nonton & Diskusikan Film Yuni & Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas di Acara Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: