Harnaaz Kaur Sandhu (Dok. Harnaaz Kaur Sandhu/Instagram)

Harnaaz Kaur Sandhu dari India Jadi Pemenang Miss Universe 2021

13 December 2021   |   11:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ajang kompetisi Miss Universe ke-70 selesai dihelat di Eliat, Israel, pada Senin (13/12/2021). Tiga finalis teratas yaitu Nadia Ferreira (Paraguay), Lalela Mswane (Afrika Selatan), dan Harnaaz Sandhu (India). Hasilnya, para juri memutuskan Harnaaz Kaur Sandhu sebagai pemenang Miss Universe 2021.

Pada babak final, ketiga finalis itu ditanya tentang saran yang ingin mereka berikan kepada semua wanita yang menonton kompetisi tersebut. Ketiganya pun menjawab dengan sempurna dan mengakhiri putaran kompetisi. 

Hasilnya, mahkota dari Miss Universe 2020, Andrea Meza (Meksiko), diserahkan kepada Miss India yang keluar sebagai pemenang, Miss Paraguay sebagai runner up pertama, dan Miss Afrika Selatan sebagai runner up kedua.
 

Dalam sesi tanya jawab terakhir, Harnaaz mengajak para remaja putri di dunia untuk percaya pada diri mereka sendiri. Menurutnya, tekanan terbesar yang dihadapi kaum muda khususnya perempuan saat ini adalah percaya pada diri mereka sendiri.

“Mengetahui bahwa kamu unik membuat kamu cantik. Berhenti membandingkan diri kamu dengan orang lain dan mari kita bicara tentang hal-hal yang lebih penting yang terjadi di seluruh dunia. Keluarlah dan bicaralah, karena kamu adalah pemimpin dunia. Kamu adalah suara kamu sendiri. Saya percaya pada diri sendiri dan itulah mengapa saya berdiri sendiri di sini hari ini,” ucapnya seperti dilansir dari Pink Villa, Senin (13/12/2021).

(Baca juga: Indonesia dan 5 Negara Lainnya Putuskan Tidak Ikut Miss Universe di Israel)

Pada sesi tanya jawab sebelumnya, Harnaaz juga diminta untuk meyakinkan orang-orang yang menganggap bahwa perubahan iklim adalah tipuan.

Menjawab pertanyaan itu, dia menyatakan bahwa setiap orang harus bertindak dari sekarang untuk mengatasi persoalan perubahan iklim di dunia daripada menyesal dan memperbaikinya di masa depan.

Sementara itu, Indonesia sendiri tidak mengirimkan wakilnya ke ajang Miss Universe 2021. Yayasan Puteri Indonesia (YPI) mengatakan singkatnya waktu persiapan menjadi alasan untuk mengirimkan Puteri Indonesia ke Miss Universe 2021. Sebab, YPI sendiri saat ini masih menggelar pemilihan Puteri Indonesia 2022.

Selain itu, alasan lainnya adalah karena pandemi Covid-19. Adanya aturan perjalanan terkait pandemi Covid-19 membuat YPI memutuskan tak mengirimkan Puteri Indonesia ke Israel. Selain Indonesia, beberapa negara lain yang juga tak mengirimkan wakilnya karena alasan pandemi Covid-19 adalah Malaysia, Barbados, Uruguay dan Belize.

SEBELUMNYA

Belajar Keuangan di 'Tempat Gym' OCBC NISP

BERIKUTNYA

Gantikan Konsep Industrial, 5 Desain Interior Ini Bakal Populer pada 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: