Ilustrasi pemutar musik kendaraan (dok: Unsplash/Mpho Mojapelo)

Mengemudi Sambil Mendengarkan Musik? Ini Tips Amannya!

10 December 2021   |   13:03 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Mendengarkan musik telah menjadi rutinitas setiap orang yang ingin berkendara, terlebih jika jarak yang ditempuh jauh. Musik membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan pastinya tidak terasa membosankan. Namun, amankah mengemudi sambil mendengarkan musik? 

Rutinitas mendengarkan musik merupakan hal yang wajar untuk dilakukan asalkan tetap memerhatikan batasan-batasan tertentu agar pengemudi tidak terganggu konsentrasinya dalam berkendara. Lalu, apa saja tips dan trik untuk mendengarkan musik sambil berkendara dengan nyaman yang dapat dilakukan? 

Tak perlu berpanjang lebar, berikut ini adalah empat tips yang bisa kalian lakukan untuk mengemudi sambil mendengarkan musik menurut Daihatsu Indonesia.


1. Perhatikan tingkat volume musik


Perlu Anda ketahui bahwa tingkat volume musik yang terlalu keras dapat membuat komunikasi di dalam mobil terganggu. Sebaliknya, suara di luar mobil juga tidak bisa terdengar dengan jelas dan tentu hal ini akan sangat berbahaya untuk kalian.

Musik dengan volume yang keras akan merusak konsentrasi dan berakibat tidak terdengarnya suara klakson hingga lalu lintas di sekitar kalian. Oleh karena itu, penting untuk menyetel musik dengan volume yang sedang-sedang saja atau tidak terlalu kecil dan tidak terlalu keras. 
 


2. Hindari musik dengan tempo yang cepat


Mengapa kalian perlu untuk menghindari musik dengan tempo cepat ketika berkendara dengan mobil? Alasannya cukup krusial, karena tanpa Anda sadari musik dengan tempo cepat dapat mendorong perilaku yang agresif di saat mengemudi hingga berakibat fatal pada si pengemudi dan pengendara di sekitarnya. 

Di sini, sikap agresif cenderung mengarah pada pengemudi yang cenderung melakukan pelanggaran dan kecerobohan. Untuk keamanan dalam berkendara, maka kalian perlu untuk mendengarkan musik dengan tempo seirama detak jantung normal saja yaitu 60-80 bpm. 

(Baca juga: 5 Tips Mencegah Mual dan Mabuk saat Berkendara)
 

3. Buat playlist khusus


Daftar playlist musik menjadi hal yang penting di saat kalian berkendara. Dengan adanya playlist khusus yang telah dibuat, maka kalian tidak perlu susah untuk mengaturnya secara manual di ponsel. 

Mengapa hal ini penting? Karena faktanya bermain ponsel saat berkendara terlebih jika sambil mendengarkan musik akan sangat berbahaya dengan mengakibatkan kecelakaan. Maka dari itu, pembuatan playlist musik yang khusus akan sangat membantu. 
 

4. Cari genre musik yang tepat


Nah, tips terakhir untuk berkendara nyaman sambil mendengarkan musik adalah dengan mencari genre musik yang tepat. Pilihlah musik yang bergenre R&B, jazz, soul, klasik, ataupun instrumental. Genre-genre tersebut akan memberikan efek menenangkan sehingga kalian pun akan fokus dalam berkendara. 

Pembahasan di atas adalah beberapa cara efektif agar kalian tetap bisa mengemudi sambil mendengarkan musik dengan aman. Di antara lain dengan memperhatikan volume musik yang diputar, menghindari musik dengan tempo yang cepat, membuat playlist khusus, dan juga mencari genre musik yang tepat. 



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kesetaraan Jadi Tema Peringatan Hari HAM Sedunia 2021

BERIKUTNYA

Kembalikan Fokus dengan Brain Gym, Ini 7 Gerakan yang Bisa Dicoba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: