Ilustrasi mengemudi dengan mobil ber-AC (Unsplash/Viktor Bystrov)

5 Tips Mencegah Mual dan Mabuk saat Berkendara

08 December 2021   |   11:47 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Setiap mobil, khususnya mobil-mobil keluaran terbaru tentunya dilengkapi dengan penyejuk udara atau AC sebagai fitur standar untuk menunjang kenyamanan para pengendara. Namun, apakah kalian mengetahui kalau ada beberapa orang yang mungkin sensitif dengan AC.

Bagi orang yang sensitif terhadap AC, tubuhnya akan bereaksi dengan merasa tidak enak setelah terkena paparan AC dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, mungkin akan berisiko pada mabuk darat yang parah hingga mual dan muntah.

Untuk itu, berikut ini telah kami ulas beberapa cara mengatasi masalah mabuk AC mobil yang praktis dari Daihatsu Indonesia.
 

1. Atur sirkulasi udara yang baik

Cara pertama yang ampuh untuk mengatasi mabuk AC mobil adalah dengan mengatur sirkulasi udara yang cocok dan sesuai kebutuhan tubuh kalian. Penting adanya untuk tidak mengarahkan AC langsung ke wajah kalian  untuk mengurangi dampak dari mabuk darat yang berlebihan.

Di sisi lain, kalian pun bisa untuk mematikan AC dan membuka sedikit kaca mobil supaya udara dari luar dapat masuk ke dalam. Namun, kalian tidak disarankan untuk membuka kaca mobil terlalu besar karena hal ini malah akan membuat tubuh mengalami masuk angin akibat terpaan angin dari luar mobil yang tidak terkendali. 
 

2. Sesuaikan posisi duduk yang nyaman

Selanjutnya tentu dengan memastikan posisi duduk paling nyaman yang kalian butuhkan bisa meminimalisir rasa mual saat berkendara dengan mobil. Selain itu, penting adanya Anda untuk tetap memastikan arah duduk searah dengan arah gerak mobil yaitu duduk dengan menghadap ke depan. 
 

3. Hindari pergerakan kepala yang mendadak

Perlu kalian ketahui bahwasanya pergerakan kepala yang mendadak saat berkendara di dalam mobil seperti menengok hingga duduk dengan cepat dari posisi berdiri akan berakibat fatal dengan menimbulkan rasa mual yang tiba-tiba. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari pergerakan-pergerakan semacam ini. 
 

4. Konsumsi obat antimual

Obat menjadi solusi terbaik banyak orang jika sering mengalami mabuk darat terlebih karena sifat ekonomisnya yang juga dijual dimanapun. Obat sejenis ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi pengemudi karena dapat menyebabkan rasa kantuk setelah mengonsumsinya. Di lain sisi, hindari pula mengonsumsi obat pereda nyeri secara berlebihan. 
 

5. Makan tepat waktu

Cara yang terakhir ini secara tidak langsung akan membuat kalian tidak mudah mengalami mabuk AC mobil. Mengapa begitu? Energi yang cukup akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik sehingga kalian akan lebih segar dan aman terhindar dari mual dalam berkendara jarah jauh sekalipun.

Nah, itulah tadi beberapa informasi dari kami terkait cara mengatasi mabuk AC mobil yang perlu kalian ketahui. Berbagai tips dan trik tersebut tentunya dapat kalian lakukan dengan optimal jika didukung dengan mobil yang nyaman dan aman untuk digunakan dalam berkendara. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cara Mudah Merawat Karet Wiper Mobil Agar Tetap Elastis

BERIKUTNYA

Begini Hasil Riset Keandalan Jaringan Seluler 4G dan 5G di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: