Ilustrasi tombol Shuffle di Spotify (kiri) dan cover album 30 milik Adele (kanan. (Dok. Omid Armin dari Unsplash dan Twitter/Adele)

Spotify Hapus Fitur Shuffle di Pemutar Lagu atas Permintaan Adele

22 November 2021   |   07:59 WIB

Buat Genhype yang terbiasa mendengarkan album pada platform Spotify, kini kalian bisa mendengarkan album favorit kalian secara berurutan lho! Hal ini terjadi setelah penyanyi Adele merilis album 30 dan meminta Spotify untuk menghapus fitur Shuffle lagu yang menjadi standar dalam pemutar lagunya.

Dalam laporan The Verge, Minggu (22/11) waktu setempat, Adele beralasan bahwa permintaan ini dilakukan atas dasar pertimbangan proses mengurutkan lagu di dalam album dan seni di balik cerita dari setiap lagu sesuai keinginan para musisi.

Ini adalah satu-satunya permintaan yang saya punya dalam industri yang terus berganti. Kami membuat album dengan penuh perawatan dan berpikir dalam mengurutkan trek lagu bukan tanpa alasan. Seni kami adalah menjelaskan sebuah cerita dan cerita-cerita itu diperdengarkan sesuai dengan keinginan kami," jelas Adele.
 
Dengan perubahan kebijakan ini, Genhype tidak akan melihat logo Shuffle pada tombol Putar di dalam halaman album sehingga kalian bisa mendengarkan album sesuai dengan urutannya selama berlangganan dengan akun Premium. Tapi jangan khawatir, tombol Shuffle akan tetap ada selama kalian mengaktifkannya saat memutar lagu secara individu.

Dalam pernyataan resminya, Chris Macowski selaku kepala komunikasi musik di Spotify mengonfirmasi perubahan fitur ini yang ternyata sudah menjadi permintaan para pengguna dan artis sejak lama.

"Sebagaimana telah disebut Adele, kami senang untuk berbagi bahwa kami akan merilis fitur premium yang telah lama diminta oleh pengguna kami dan para artis untuk menampilkan tombol putar sebagai tombol standar di semua album. Untuk para pengguna yang masih ingin mengacak (shuffle) sebuah album, mereka bisa menggunakan tampilan Sedang Diputar (Now Playing) dan menekan tombol shuffle," tuturnya.

Sebagaimana telah dilaporkan sebelumnya, album 30 adalah album LP yang menghadirkan 12 lagu dalam album umum dan tiga lagu tambahan dalam edisi eksklusif yang dirilis di merek ritel Amerika Serikat, Target. Berdasarkan laporan Billboard, album ini merupakan kelanjutan dari album 25 yang dirilis pada 2015.

Sementara itu, lagu Easy on Me yang merupakan lagu utama dalam LP ini kini telah menjadi lagu terpopuler dengan posisi pertama di Billboard Hot 100, Billboard Global 200, Billboard Global Excl. U.S. charts, serta menjadi lagu yang paling banyak diputar dalam satu hari pada pertengahan Oktober.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari? Waspadai Kanker Prostat

BERIKUTNYA

Begini Untung-Rugi dari Bisnis Waralaba Logistik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: