Belfast (2021). (Dok. Focus Features)

10 Film dan Acara Televisi Terbaik 2021 Versi American Film Institute

09 December 2021   |   17:24 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

American Film Institute (AFI) mengumumkan 10 acara TV dan film terbaik tahun ini dengan menambahkan kategori tambahan, Special Awards, yang diberikan kepada masing-masing satu acara tv dan satu film. Dilansir oleh Deadline, perayaan yang berlangsung secara luring akan diadakan pada 7 Januari 2022 di Four Seasons di Beverly Hills.

HBO/HBO Max membawa kemenangan terbanyak pada kategori acara tv dengan total empat serial yang berhasil masuk ke daftar spesial ini.

Serial terbatas pemenang Emmy, Mare of Easttown, yang dibintangi oleh Kate Winslet, maju sebagai acara tv terbaik berdampingan dengan serial lainnya dengan perempuan sebagai tokoh utama, yakni White Lotus yang dibintagi Jennifer Coolidge serta Hacks yang dibintangi Jean Smart.
 

Kate Winslet di Mare of Easttown. (Dok. HBO)

Kate Winslet di Mare of Easttown. (Dok. HBO)

Drama dengan genre dark comedy dan pemenang Emmy, Succession, jadi perwakilan HBO untuk acara tv terbaik versi AFI 2021.

Adapun, serial komedi produksi Apple TV+ pemenang tujuh piala Emmy, Ted Lasso, juga masuk ke dalam daftar ini bersama dengan serial Apple TV+ lainnya, Schmigadoon! yang dibintangi Michael Key dan Cecily Strong.

Reservation Dogs, serial di jaringan FX produksi Sterlin Harjo dan Taika Waititi juga masuk ke dalam daftar ini bersama dengan Maid (Netflix), The Underground Railroad (Amazon), dan Wandavision (Disney+).

Sementara itu, pemenang kategori Special Awards diraih oleh serial Netflix pencetak rekor, Squid Game, serta film dokumenter Summer of Soul (Hulu) dan Belfast (Focus Features).
 

Nightmare Alley. (Dok. TSG Entertainment)

Nightmare Alley. (Dok. TSG Entertainment)


Melihat daftar gemilang acara tv terbaik tahun ini, daftar film terbaik tak kalah memuaskan. Nama-nama papan atas termasuk Steven Spielberg, Denis Villeneuve, dan Jane Campion menyumbangkan karya sinematik terbaik sepanjang 2021.

Film Spielberg yang menceritakan kembali musikal West Side Story masuk ke dalam daftar ini bersama dengan Tick, Tick… Boom! yang disutradarai Lin-Manuel Miranda.

Adapun film baru Guillermo del Toro bergenre thriller yang akan datang, Nightmare Alley, The Tragedy Of Macbeth (Joel Coen), CODA (Sian Heder), King Richard (Reinaldo Marcus Greene) dan Don't Look Up (Adam McKay) berhasil masuk ke daftar film terbaik.

Tak ketinggalan film bernuansa retro, Licorice Pizza (Paul Thomas Anderson), The Power of the Dog (Campion) serta Dune (Denis Villeneuve) melengkapi daftar film dari para sutradara terkenal.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Begini Tantangan Penjurian Lomba Foto Bangga Indonesia Bisnis Indonesia

BERIKUTNYA

Yuk Kenalan dengan Fitur Keamanan Mobil Vehicle Stability Control ( VSC)

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: