Proses penjurian Lomba Foto Bangga Indonesia Bisnis Indonesia (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Begini Tantangan Penjurian Lomba Foto Bangga Indonesia Bisnis Indonesia

09 December 2021   |   15:38 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Proses penjurian Lomba Foto Bangga Indonesia Bisnis Indonesia yang digelar oleh Hypeabis.id (bagian dari Bisnis Indonesia Group) masih berlangsung pada Kamis (9/12/2021) pukul 14.00 WIB. Sebanyak 1171 karya fotografi dikirimkan oleh 315 peserta yang masuk seleksi dewan juri pada lomba foto kali ini

Adapun, juri yang telibat dalam lomba foto ini antara lain Iwan Esjepe (Creative Director/Founder Indonesia Bertindak), Oscar Motuloh (Kurator dan Pewarta Foto Senior), dan Firman Wibowo (Redaktur Foto Bisnis Indonesia).

Saat ini, dari keseluruhan foto yang masuk telah diseleksi puluhan foto untuk kemudian dipilih mana yang pantas mendapatkan juara 1, juara 2, juara, serta masuk dalam kategori nominasi (10 foto) dan karya favorit (5 foto). Pengumuman pemenang Lomba Foto Bangga Indonesia Bisnis Indonesia akan dilakukan pada 14 Desember 2021 mendatang.

Sebagai catatan, total hadiah yang diperebutkan dalam Lomba Foto Bangga Indonesia mencapai Rp32 juta meliputi juara 1 sebesar Rp10 juta, juara 2 Rp7 juta, dan juara 3 Rp5 juta. Kemudian 10 Nominasi masing-masing Rp1 juta, lima karya favorit juri Rp5 juta, dan lima karya dengan like terbanyak Rp1 juta.

Pelaksanaan lomba ini didukung oleh PT GTS Internasional, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Kementerian Perdagangan RI, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Jabar Banten Tbk., PT Adaro Energy Tbk., PT XL Axiata Tbk., PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Visionet Internasional (OVO), PT Garuda Food Putra-Putri Jaya Tbk., dan PT Bio Farma (Persero).
 

Lomba Foto Bangga Indonesia Bisnis Indonesia (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Lomba Foto Bangga Indonesia Bisnis Indonesia (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Iwan Esjepe menyebut tantangan yang harus dihadapi oleh dewan juri dalam proses penjurian adalah kemiripan antarfoto. Antara satu foto yang dikirimkan oleh satu peserta memiliki kemiripan dengan foto yang dikirimkan oleh peserta lainnya.

"Antara foto yang dikirimkan oleh satu peserta dengan foto yang dikirimkan oleh peserta lainnya punya kemiripan atau diambil di tempat yang sama. Foto-foto itu juga ada yang tidak menghadirkan sesuatu yang baru, sama seperti foto yang sudah ada sebelum-sebelumnya," katanya di sela-sela penjurian Lomba Foto Bangga Indonesia Bisnis Indonesia di Lantai 8 Gedung Wisma Bisnis Indonesia.

Foto yang akan dipilih menjadi pemenang dalam Lomba Foto Bangga Indonesia Bisnis Indonesia adalah foto dengan sudut pandang berbeda. Dengan kata lain, foto yang diambil bukanlah foto di tempat atau sesuatu yang pernah diambil sebelumnya.

"Angle foto yang terpilih adalah angle yang berbeda dengan foto-foto sebelumnya atau fotografer lainnya. Diharapkan dengan ini Bisnis Indonesia bisa menjadi sumber baru referensi karya visual di Tanah Air," tuturnya.

Sementara itu, Oscar Motuloh menyebut tantangan yang dihadapi oleh dewan juri dalam proses seleksi foto seperti lomba foto serupa pada umumnya. Karena banyak faktor yang menentukan layak atau tidaknya sebuah foto untuk dimenangkan dalam lomba foto bertemakan kebudayaan, pariwisata, dan kuliner.

"Karena tema-tema tersebut saling bersinggungan satu sama lain. Harus ditentukan arahnya kemana. Kuliner bisa saja termasuk dalam kebudayaan. Pariwisata itu juga bisa saja memperlihatkan unsur kebudayaan. Harus dilihat arahnya kemana," ujarnya.

Firman Wibowo mengungkapkan dewan juri juga menemukan foto yang ternyata sudah pernah dilombakan tahun lalu atau foto yang mirip dengan foto pemenang lomba foto lainnya. Tentu saja, diperlukan kejelian untuk mengetahui hal tersebut.

Foto-foto lama, terlebih foto-foto yang sudah pernah memenangkan lomba lainnya tentu saja harus dihindari.

"Ada foto yang pernah ikut lomba foto ini tahun lalu diikutkan lagi. Ada juga foto yang sudah pernah memenangkan lomba di luar diikutkan lagi tetapi angle pengambilan gambarnya berbeda," ujarnya.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Peluang Usaha, Pasangan Ini Manfaatkan Tren Intimate Wedding di Tengah Covid-19

BERIKUTNYA

10 Film dan Acara Televisi Terbaik 2021 Versi American Film Institute

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: