Grand Dafam Ancol Jakarta. (Dok. Instagram Dafam Hotel Management)

Artotel Group Akuisisi Dafam Hotel Management

07 December 2021   |   17:32 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Artotel Group tampaknya belum selesai dengan investasi agresifnya di industri perhotelan. Hanya satu bulan setelah mengambil alih waralaba utama brand Hotel Kyriad di Indonesia, grup hotel berkonsep seni dan gaya hidup ini mengumumkan telah mengakusisi Dafam Hotel Management (DHM).

Dengan ini, 24 hotel DFM yang tersebar di Indonesia akan masuk ke dalam portofolio Artotel Group.

Menurut Founder dan CEO Artotel Group, Erastus Radjimin, aksi korporasi ini merupakan bagian dari misi Artotel Group dalam menciptakan ekosistem perhotelan yang kuat sehingga pelanggan domestik dan asing mendapatkan layanan perhotelan berkualitas tinggi.

Mengambil keputusan akuisisi di tengah pandemi diakui Erastus cukup menantang. Apalagi sebagian investor memiliki keraguan untuk menanamkan uang mereka di sektor pariwisata (service & hospitality) di tengah pandemi yang berdampak signifikan pada bisnis.

Namun, pihaknya tidak ingin hanya menunggu kondisi kembali normal hingga pandemi berakhir.

"Kami berinisiatif mengakuisisi Dafam Hotel Management dan Kyriad Hotel Indonesia demi mewujudkan impian menciptakan ekosistem perhotelan terpadu di Indonesia," ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (7/12).

(Baca juga: Rasakan Sensasi Menginap di Kamar Hotel Bung Karno, Segini Tarifnya!)

Artotel

COO Artotel Group Eduard Rudolf Pangkerego, CEO Artotel Group Erastus Radjimin, dan CEO Dafam Hotel Management Andhy Irawan. (Dok. hypeabis/NAN)

Dia juga menambahkan, ekosistem perhotelan terpadu ini membantu hotel-hotel untuk saling terintegrasi dalam hal mempertahankan standar layanan berkualitas, di samping memperluas jangkauan pasar Artotel Group dalam lingkup domestik maupun internasional.

Akuisisi didanai melalui pendanaan Seri B dari Indies Capital Partners, perusahaan alternative asset manager. Dana ini juga digunakan untuk memperkuat infrastruktur utama berbasis teknologi guna meningkatkan pelayanan dan pengalaman menginap seluruh tamu.

Meski demikian, baik Artotel Group maupun Dafam Hotel Management tidak menyebutkan nilai akuisisinya.

Pendanaan Seri B ini juga didukung oleh Benson Capital, angel investor yang fokus pada industri kreatif. Sebelum putaran Seri B, Artotel Group mendapatkan investasi Seri A dari Intudo Ventures.

Awal bulan November, Artotel Group mengkauisisi manajemen Kyriad Hotel Indonesia, pemegang lisensi brand Hotel Kyriad, salah satu brand hotel milik Louvre Hotel Group asal Prancis.

Manajemen ini mengelola 11 hotel yang tersebar di Indonesia, dengan demikian pada akhir 2021 portofolio hotel yang dikelola Artotel Group menjadi 50 hotel, mencakup 15 hotel yang dioperasikan perusahaan sejak 2012.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Personel BTS Bikin Instagram Pribadi, V Punya Followers Terbanyak

BERIKUTNYA

Optimalkan Fungsi Otak hingga Cegah Depresi, Ini 6 Manfaat Makan Ikan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: